Intip Keindahan Curug Embun yang Memanjakan Mata

Intip Keindahan Curug Embun yang Memanjakan Mata

Curup Embun di kaki Gunung Dempo, Pagaralam.-Pagar Alam Tourism-Instagram.com/@pagaralamtourism

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kota Pagar Alam merupakan salah satu Kota Madya yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Kota Pagar Alam terkenal akan keindahan Alam dan keasriannya. Kota Pagar Alam juga disebut memiliki warisan budaya yang masih kental dengan adat istiadat yang masih terjaga kelestariaannya sampai saat ini.

Jika kita berbicara mengenai wisata alam, rasanya kurang lengkap jika kita tidak berswafoto sambil menikmati keindahan dan pesonanya. Pagar Alam tidak hanya terkenal akan perkebunan the dan Gunung Demponya, tetapi juga memiliki objek wisata tersembunyi yang bikin semua mata terpana saat melihatnya.

Pagar Alam terkenal dengan istilah “Besemah”. Besemah merupakan suku yang mendiami kota Pagar Alam ini. Pada zaman dahulu, Bumi Basemah ini disebut masih menjadi salah satu bagian dari Kedatuan Sriwijaya yang pada masa sekarang lebih dikenal dengan istilah Kota Pagar Alam.

Pagar Alam tidak hanya terkenal akan banyaknya peninggalan manusia pada masa purbakala, tetapi juga memiliki air terjun yang begitu unik dan memiliki karakteristik menarik yaitu Curug Embun.

BACA JUGA:Film Legendaris Titanic Kembali Hadir ke Layar Bioskop! Siap untuk Menonton Ulang?

BACA JUGA:Video: Sangrai Kopi Tertua di Prabumulih

Curug Embun atau yang kerap disebut masyarakat setempat dengan istilah Cughup Embun ini, terletak di Desa Pematang Bango yang berada di kaki Gunung Dempo, Kota Pagar Alam.

Apabila kalian dari kota Palembang dan ingin datang sambil menikmati keasrian serta kesejukan dari curug ini, kalian harus menempuh perjalanan darat selama kurang lebih delapan jam. Akan tetapi, jika kalian tidak ingin terlalu berlama-lama di jalan, kalian bisa menempuh jalur udara karena kota Pagar Alam telah memiliki bandara di Desa Bandar.

Uniknya, jarak untuk sampai ke Curug Embun apabila diukur dari pusat kota Pagar Alam hanya sekitar dua kilometer, sehingga waktu yang dihabiskan hanya sekitar lima belas menit untuk sampai ke sana. Untuk mencapai lokasi Curug Embun, kalian harus melakukan perjalanan tracking yang cukup menurun selama kurang lebih sepuluh menit. Kalian tidak perlu khawatir meski terlihat melelahkan, perjalanan yang dilakukan sangatlah menyenangkan karena melihat pemandangan hutan dan perkebunan kopi yang cukup luas.

Karakteristik unik dari Curug Embun ini terlihat dari tinggi pancur dengan volume airnya yang cukup kecil, sehingga embun akan dihasilkan ketika air dari ketinggian tersebut tertumpah sampai di bawah.

BACA JUGA:Salai Tempoyak Khas Lahat, Makanan Tradisional Desa yang Menggugah Selera

BACA JUGA:Kanal Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya Tercemar Kompe alias Eceng Gondok

Air yang mengalir dari ketinggian seratus meter itu nantinya akan mengalir serta tertampung dalam kolam alami yang terbentuk di bawahnya. Air pada Curug Embun ini bisa terbilang sangatlah dingin karena mengingat lokasinya yang berada di kaki Gunung Dempo. Untuk menikmati kesejukan Curug Embun ini, kalian bisa berendam di dalam kolam alami yang telah dilengkapi dengan bebatuan, sehingga cukup aman dan nyaman apabila kalian ingin berendam ataupun berenang.

Tidak heran jika Curug Embun ini ramai dikunjungi para wisatawan saat liburan akhir pekan. Selain keindahan air terjunnya, tiket masuk untuk mengunjungi objek wisata ini terbilang sangatlah terjangkau karena hanya dipatok Rp2 ribu per orang. Curug Embun juga menjadi salah satu objek wisata favorit di kota Pagar Alam karena memiliki karakteristik yang unik serta keindahan dan kesejukan airnya.* (Nabilla Imandha, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber