Anda Beternak Lele! Ini Cara Aman Agar Tidak Kena Duri Tajam Ikan Lele

Anda Beternak Lele! Ini Cara Aman Agar Tidak Kena Duri Tajam Ikan Lele

Ikan lele bergerak sangat lincah dan licin. Untuk itu hati-hati karena pantak lele bisa melukai Anda.--klikdokter.com

a. Menggunakan Peralatan yang Tepat. Saat memancing ikan lele, pastikan Anda menggunakan peralatan pancing yang sesuai. Gunakan tongs atau tang khusus untuk melepas kail dari mulut ikan, hindari langsung menggunakan tangan Anda untuk menghindari pantak.

b. Hindari Sentuhan dengan Sirip Ikan. Ketika Anda panen ikan atau beraktivitas di kolam lele, usahakan untuk tidak menyentuh atau mendekati bagian sirip ikan lele. Jika Anda melihat ikan lele bergerak dekat Anda, jauhkan diri Anda untuk menghindari terkena pantak.

BACA JUGA:Cegah Tanaman Hias Terkena Hama dengan Perawatan yang Tepat

BACA JUGA:Tiga Pekerja Ditetapkan tersangka kasus BBM ilegal Meledak di Desa Ibul Besar

Jika Anda perlu menangani ikan lele secara langsung, gunakan sarung tangan karet atau kain tebal untuk melindungi tangan Anda dari duri ikan.

4. Tindakan Pertama Jika Terkena Pantak Ikan Lele. Jika Anda atau teman Anda terkena pantak ikan lele, segera cuci tangan dengan sabun  dan air mengalir segera setelah terkena pantak ikan lele. Kemudian gunakan antiseptik. Oleskan disinfektan atau antiseptik pada luka untuk membunuh bakteri dan mencegah infeksi.

Jika masih terasa sakit, segera ke tenaga medis. Terlebih untuk luka yang cukup parah atau  pergi ke pusat kesehatan terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Pantak ikan lele merupakan bahaya yang harus diwaspadai ketika beraktivitas di kolam lele atau saat memancing ikan lele.

BACA JUGA:Mandi, Perjalanan Sejarah dari Ritual Sakral hingga Kemewahan

BACA JUGA:Kenali Teman yang Mempunyai Kebiasaan Unik Aji Mumpung

Dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan yang tepat dan mengetahui cara menangani pantak dengan benar, kita dapat beraktivitas dengan aman tanpa harus khawatir terkena pantak ikan lele. Tetap berhati-hati dan nikmati keseruan beraktivitas bersama ikan lele tanpa masalah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber