Anda Beternak Lele! Ini Cara Aman Agar Tidak Kena Duri Tajam Ikan Lele

Anda Beternak Lele! Ini Cara Aman Agar Tidak Kena Duri Tajam Ikan Lele

Ikan lele bergerak sangat lincah dan licin. Untuk itu hati-hati karena pantak lele bisa melukai Anda.--klikdokter.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Ikan lele termasuk ikan yang bergeraknya sangat lincah dan licin. Sehingga untuk menangkap ikan ini, perlu keahlian khusus. Karena kalau hati hati, maka bisa saja Anda terluka karena ikan jenis ini memiliki duri yang tajam. 

Kegiatan yang berhubungan dengan ikan lele, seperti memancing, membudidayakan, atau bahkan sekadar panen ikan lele, memiliki risiko tertentu Salah satunya adalah terkena pantak lele atau duri tajam ikan lele

Di pasar, biasanya pembeli ikan lele ini sudah dibantu penjual ikan untuk membersihkannya. Pertama kali biasanya kepala ikan lele ini dipukul sehingga tidak berdaya dan baru di potong kepala dan dibuang duri tajamnya.

Tapi bagi, Anda yang baru memulai beternak lele, dimana saat panen biasanya akan menangkap ikan lele ini dengan jala atau jaring. Selain memiliki tubuh yang licin tanpa sisik, tentu saja menangkap lele ini tidak mudah, bahkan Anda rentan kena pantak atau tertusuk duri tajam lele. 

BACA JUGA:Bahaya Kelamaan Menggunakan Earphone! Telinga Anda Bisa Rusak

BACA JUGA:Ramalan Fengshui: Shio Macan, Shio Monyet, dan Shio Tikus Menjadi Raja Bisnis dengan Finansial Melonjak Pesat!

Disini akan dibahas tentang pantak ikan lele, bahayanya, serta bagaimana cara beraktivitas di kolam lele dengan aman.

1. Apa itu Pantak Ikan Lele?. Pantak ikan lele adalah cedera yang disebabkan oleh duri tajam pada sirip punggung dan sirip perut ikan lele. Pantak ini dapat menyebabkan luka terbuka, peradangan, dan infeksi pada kulit manusia.

Ikan lele memiliki beberapa duri di sepanjang siripnya yang berfungsi sebagai mekanisme pertahanan dari predator. Ketika merasa terancam, ikan lele akan mengangkat siripnya yang mengandung duri tajam untuk melindungi diri.

2. Bahaya Pantak Ikan Lele. Pantak ikan lele bisa menyebabkan rasa nyeri, bengkak, dan bahkan infeksi jika tidak ditangani dengan tepat.

BACA JUGA:Niat Hati Ingin Cantik Tapi Salah Memilih Skincare! Perhatikan Ini Gejala Yang akan Muncul

BACA JUGA:Semarak Kemerdekaan di Perumahan Bunga Indah Residence, Bendera Merah Putih Berkibar Memukau

Infeksi pada luka pantak dapat terjadi karena bakteri yang ada di air kolam lele atau pun bakteri yang ada di kulit kita sendiri. Jika infeksi tidak diobati dengan benar, hal ini bisa berujung pada masalah kesehatan yang lebih serius.

Kalaupun Anda harus berurusan engan ikan lele, maka hal berikut ini harus dilakukan agar terhndar dari pantak ikan lele: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber