Musim Haji dan Tahun Ajaran Baru Pengaruhi Turunnya Harga Emas

Musim Haji dan Tahun Ajaran Baru Pengaruhi Turunnya Harga Emas

Turunnya harga emas memang biasa terjadi setiap tahun, terutama di bulan-bulan musim haji dan tahun ajaran baru.-Suryadi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Seperti diberitakan sebelumnya, harga emas saat ini memang mengalami penurunan sekitar 3% dari harga sebelumnya. Harga emas murni Antam itu di Kisaran Rp1.068.000 per gram.

Untuk harga emas yang bukan 24 karat atau berupa perhiasan seperti gelang kalung itu di harga Rp5.600.000 sampai Rp5.700.000 per suku. Sebelumnya, harga emas yang berupa perhiasan mencapai Rp6.000.000 per suku atau 6,7 gram.

Turunnya harga emas ini memang biasa terjadi setiap tahun, terutama di bulan-bulan musim haji dan tahun ajaran baru.

Hal ini disebabkan biasanya masyarakat ramai-ramai menjual emas untuk kebutuhan naik haji ataupun untuk kebutuhan anak sekolah.

BACA JUGA:Tren 2023 Jangan Salah Startegi Mending Tabung Emas atau Beli Emas Fisik

BACA JUGA:Sobat Cuan, Pilih Menabung Bank atau Investasi emas?

Tabungan berupa emas biasanya memang dijual kembali untuk mendapatkan uang tunai sebagai biaya yang akan digunakan untuk keperluan anak sekolah. Fenomena ini memang terjadi di bulan-bulan yang disebutkan di atas.

Untuk bulan-bulan di mana anak mulai masuk sekolah biasanya justru masyarakat tidak berinvestasi di emas atau membeli emas.

Justeru orang-orang yang memiliki emas akan ramai-ramai menjual emasnya. Terkait atau tidak secara langsung fenomena ini memang terjadi setiap tahun.

Adapun biasanya orang menjual emas dalam bentuk perhiasan sehingga emas yang digunakan bukanlah emas yang 24 karat atau yang 100% emas murni, melainkan ada di kisaran 80% sampai 90%.

BACA JUGA:Harga Emas Menurun, Saat Tepat Beli dan Investasi Emas

BACA JUGA:Harga Emas di Palembang Turun Sekitar 3 Persen


Tabungan berupa emas biasanya memang dijual kembali untuk mendapatkan uang tunai sebagai biaya yang akan digunakan untuk keperluan anak sekolah.-Suryadi-PALTV

Sebab, untuk emas murni itu agak sulit dibuat perhiasan. Biasanya emas murni itu teksturnya lebih lembut sehingga kalau dibuat perhiasan itu mudah patah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv