Masuk Kategori Bencana Nasional, Bantuan Korban Kebakaran Bagi Anak-anak dan Lansia Diutamakan

Masuk Kategori Bencana Nasional, Bantuan Korban Kebakaran Bagi Anak-anak dan Lansia Diutamakan

Bantuan Korban Kebakaran Bagi Anak-anak dan Lansia Diutamakan.-Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Terkait Peristiwa Kebakaran hebat di Jalan Pangeran Sido Ing Lautan, lorong masjid Rohmaniah, Kelurahan 36 Ilir Kecamatan Gandus Palembang, pada Rabu 19 juli 2023, pihak Pemerintah Kota Palembang Langsung melakukan peninjauan pada Kamis 20 Juli 2023. 

Dalam Kesempatan Tersebut, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, jika Pemkot Palembang sudah menyiapkan posko bantuan, dan posko kesehatan di lokasi kebakaran. Untuk mempermudah para korban, dapur umum dan tenda darurat juga akan disiapkan. 

Peristiwa kebakaran ini sendiri merupakan kebakaran terbesar di Palembang tahun 2023, serta masuk kategori bencana nasional lantaran menghanguskan 18 unit rumah, dan satu unit bedeng kontrakan, hingga membuat 144 jiwa kehilangan tempat bernaungnya.

Oleh sebab itu, diharapkan akan ada bantuan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sumsel, maupun masyarakat yang ingin memberikan bantuan.

BACA JUGA:Masa SMK yang Tak Bisa Dilupakan: Tak Suntuk Belajar, Karena Selalu Praktek Kerja

BACA JUGA:Sahabat Cagar Budaya, Pasar 16 Bukan Termasuk Cagar Budaya, Ini Penjelasannya

Saat ini Pemkot Palembang akan mengutamakan bantuan bagi anak-anak usia sekolah, balita, dan lansia. Sementara untuk mendirikan rumah bagi para korban akan diupayakan.

“Karena ini masuk kategori bencana nasional, kami berharap bantuan dari pemerintah pusat dan juga provinsi untuk membantu korban kebakaran ini, dan yang kami utamakan adalah anak-anak usia sekolah, balita maupun lansia yang saat ini seluruh kebutuhannya sudah kami catat dan untuk bantuannya akan kami salurkan.” Terang Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda.

Camat Gandus Jufriansyah mengatakan, dari laporan yang diterima 18 unit rumah, dan satu unit bedeng kontrakan 16 pintu hangus terbakar.

Sejauh ini bantuan bagi para korban sudah mulai mengalir sejak kemarin, baik dari Pemerintah Kota, Provinsi, dan dermawan lainnya.


Bantuan Korban Kebakaran Bagi Anak-anak dan Lansia Diutamakan.-Sandy Pratama-PALTV

Pasca kebakaran para korban untuk sementara tinggal menumpang di rumah sanak saudara hingga tenda darurat disiapkan. Sedangkan untuk dokumen penting, saat ini masih dilakukan pendataan untuk dibantu kepengurusannya. 

“Dari laporan jumlahnya 18 rumah dan satu kontrakan 16 pintu bedeng. Kalau dari kecamatan, Forkopimcam, Lurah, RT RW, warga sekitar, dari kemarin kami sudah mendirikan posko bantuan terpadu, bagi warga yang ingin menyumbang bisa menghubungi posko.

Kami juga sudah membuka posko kesehatan dari Dinas Kesahatan Kota dan Provinsi untuk memeriksa kesehatan para korban.” Pungkas Camat Gandus Jufriansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id