Destinasi Wisata Sejarah Rumah Ong Boen Tjiet yang Layak Dikunjungi Jika ke Palembang

Destinasi Wisata Sejarah Rumah Ong Boen Tjiet yang Layak Dikunjungi Jika ke Palembang

Rumah Ong Boen Tjiet di Kelurahan 3-4 Ulu Kota Palembang.--instagram/com/@rumahongboentjiet

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kota PALEMBANG merupakan kota tertua di Indonesia yang dibuktikan dari prasasti Kedukan Bukit, yang menjelaskan mengenai tanggal kelahiran PALEMBANG.

Tidak heran, banyak sekali sejarah yang ada di Kota Palembang. Mulai dari masa Kedatuan Sriwijaya, Kesultanan Palembang Darussalam, bahkan pada zaman penjajahan Belanda dan Jepang, yang sampai sekarang ini masih banyak kita temui.

Rumah Ong Boen Tjiet adalah sebuah bangunan bersejarah yang terletak di Kelurahan 3-4 Ulu Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Rumah Ong Boen Tjiet ini merupakan peninggalan dari seorang tokoh terkemuka di Palembang pada masa lalu yang dikenal sebagai Baba Ong Boen Tjiet.

BACA JUGA:Oobleck, Proyek Sains Rumahan yang Bagus untuk Sensorik Anak

BACA JUGA:Mau Kerja Tapi Kuliah? Ini 4 Pekerjaan yang Cocok untuk Mahasiswa

Ong Boen Tjiet adalah seorang pengusaha dan filantropis Tionghoa-Indonesia yang aktif pada abad ke-19. Dia memiliki pengaruh yang kuat dalam bidang bisnis dan masyarakat di Palembang. Rumah Ong Boen Tjiet menjadi simbol keberhasilannya dan juga tempat tinggal bagi keluarganya.

Selain sebagai tempat tinggal pribadi, Rumah Ong Boen Tjiet juga berfungsi sebagai pusat kegiatan sosial dan budaya. Di dalamnya, Ong Boen Tjiet sering mengadakan pertemuan bisnis, acara keagamaan, dan kegiatan amal untuk membantu masyarakat setempat. 

Sampai saat ini Rumah Ong Boen Tjiet masih dihuni oleh keturunannya. Selain sejarah dan arsitekturnya yang memukau, lokasi tempat wisata rumah Ong Boen Tjiet ini sangat cocok untuk kita menghabiskan akhir pekan bersama keluarga ataupun sahabat.

Lokasi tersebut cukup strategis. Rumah Ong Boen Tjiet ini menghadap langsung ke arah Sungai Musi dan memiliki lapangan yang cukup luas. Kita bisa memandangi Sungai Musi dengan duduk di teras yang memiliki nilai estetika yang tinggi, yang akan membuat kita seakan akan kembali zaman dahulu.

BACA JUGA:Sepak Bola dalam Lini Masa dari Zaman Kuno Hingga Teknologi VAR

BACA JUGA:Bijak Menggunakan Kartu Kredit! Agar Siklus Keuangan dan Gaya Hidup Seimbang.


Pengunjung dapat menikmati pemandang senja Sungai Musi dari teras Rumah Ong Boen Tjiet.--instagram.com/@rumahongboentjiet

Terdapat dua akses untuk menuju ke lokasi Rumah Ong Boen Tjiet tersebut, bisa melalui jalur sungai dan darat. Kalau jalur sungai kita bisa menyeberang dari dermaga Benteng Kuto Besak (BKB) dengan tujuan dermaga Ong Boeng Tjiet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber