Oobleck, Proyek Sains Rumahan yang Bagus untuk Sensorik Anak

Oobleck, Proyek Sains Rumahan yang Bagus untuk Sensorik Anak

Apabila bosan dengan pasir warna ataupun balok susun, mungkin Oobleck bisa menjadi alternatif pilihan aktivitas bermain dan belajar anak.--Tangkapan layar youtube.com/@OneLittleProject

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mungkin anda sebagai guru maupun orang tua sedang mencari aktivitas bermain yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mencerdaskan anak.

Apabila bosan dengan pasir warna ataupun balok susun, mungkin Oobleck bisa menjadi alternatif pilihan aktivitas bermain dan belajar anak.

Selain bahannya yang murah meriah, cairan satu ini mampu menghadirkan berbagai manfaat bagi proses bermain dan belajar seorang anak.

Oobleck merupakan salah satu non-Newtonian yang sangat menarik karena sifat kebendaannya yang unik. non-Newtonian di sini berarti sebuah benda atau sesuatu yang perilakunya tidak sama dengan cairan maupun benda padat biasa.

BACA JUGA:Mau Kerja Tapi Kuliah? Ini 4 Pekerjaan yang Cocok untuk Mahasiswa

BACA JUGA:Sepak Bola dalam Lini Masa dari Zaman Kuno Hingga Teknologi VAR

Nama “Oobleck” dipercaya berasal dari sebuah buku fiksi Dr Seuss yang berjudul “Bartholomew dan Oobleck”. Di dalam buku ini, Oobleck merupakan sebuah suara yang dihasilkan oleh zat fiksi berwarna hijau yang jatuh dari langit. Buku yang terbit tahun 1949 ini pun menjadi asal muasal nama Oobleck.

Lalu, bagaimana cara membuat Oobleck dalam kehidupan nyata dan manfaat sainsnya terhadap anak?

Untuk membuat Oobleck ternyata sangat mudah, hanya menggunakan dua bahan dapur sederhana yakni tepung maizena (tepung jagung) dan air saja.

Apabila tepung maizena dicampur dengan air dengan takaran yang tepat, hasilnya bukan menghasilkan air tepung, yakni sebuah zat bersifat kebendaan yang unik.

BACA JUGA:Bijak Menggunakan Kartu Kredit! Agar Siklus Keuangan dan Gaya Hidup Seimbang.

BACA JUGA:Menyemarakkan 1 Muharram 1445 Hijriah, Musholah Al Ikhlas Gelar Pawai Lampion

Apabila didiamkan atau diangkat dan dijatuhkan, Oobleck akan mengalir selayaknya benda cair. Namun ketika Oobleck diberi tekanan lewat meremas, menusuk, sifat Oobleck pada tangan akan terasa padat.

Jadi, apabila ditambahkan bahan pewarna untuk menarik perhatian anak, Oobleck tidak hanya menjadi sarana hiburan saja, tetapi juga metode pembelajaran ilmiah yang menyenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber