Inilah Sejarah Penemu Handphone dan Perkembangan dari Dulu hingga Sekarang

Inilah Sejarah Penemu Handphone dan Perkembangan dari Dulu hingga Sekarang

Sejarah Handphone sampai saat ini--Foto pixabay.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pada tahun 1973, Martin Cooper, seorang insinyur dari perusahaan Motorola, dianggap sebagai orang yang pertama kali menciptakan telepon genggam atau ponsel pertama.

Pada saat itu, ponsel pertama yang dia buat adalah prototipe yang dikenal dengan nama "Motorola DynaTAC 8000X". Ponsel ini memiliki bentuk yang besar dan berat, dengan panjang sekitar 25 sentimeter.

Kemudian, pada tahun 1983, Motorola secara resmi memperkenalkan ponsel DynaTAC 8000X ke publik. Meskipun memiliki harga yang sangat mahal (sekitar $3.995 pada saat itu), ponsel ini menjadi langkah awal dalam revolusi telekomunikasi yang akan datang.

Setelah itu, berbagai perusahaan telekomunikasi di seluruh dunia mulai mengembangkan teknologi dan merancang ponsel dengan ukuran yang lebih kecil, lebih ringan, dan lebih fungsional.

BACA JUGA:Ringkasan Buku Bab 3 Diet and Healty Ulasan dan Definisi Lebih Lanjut

BACA JUGA:Ringkasan Bab 6 Buku The Science of Getting Rich: Bagaimana Kekayaan Datang Padamu


telpon wireless bagian dari sejarah telekomunikasi--Foto pixabay.com

Pada tahun 1989, Nokia meluncurkan ponsel yang populer, yaitu Nokia Mobira Cityman 900, yang lebih kecil dan lebih mudah digunakan dibandingkan dengan ponsel sebelumnya.

Kemudian, pada tahun 1992, IBM meluncurkan Simon Personal Communicator, yang dianggap sebagai ponsel cerdas pertama. Simon memiliki layar sentuh dan kemampuan untuk mengirim dan menerima faksimile, email, dan pesan teks.

Meskipun masih jauh dari ponsel cerdas modern yang kita kenal sekarang, Simon memberikan konsep dasar yang menjadi dasar untuk perkembangan ponsel cerdas di masa depan.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi semakin pesat. Ponsel menjadi lebih kecil, lebih ringan, dan semakin fungsional.

BACA JUGA:Ringkasan Bab 8 Buku Riches and Poverty:Mereka yang Bekerja dan Mereka yang Menunggu

BACA JUGA:Apa Itu Buta Warna? Ini Gejala, Penyebab, dan Cara Diagnosisnya


perkembangan handphone semakin ringan dan canggih--Foto pixabay.com

Pada tahun 2000-an, ponsel cerdas mulai mengambil peran utama dalam industri telekomunikasi dengan diluncurkannya BlackBerry, iPhone, dan berbagai ponsel cerdas lainnya.

Perkembangan jaringan seluler juga menjadi faktor penting dalam evolusi ponsel. Teknologi seperti 2G, 3G, 4G, dan sekarang 5G, telah memungkinkan akses yang lebih cepat, konektivitas yang lebih baik, dan kemampuan untuk mengakses internet secara mudah melalui ponsel.

Seiring waktu, ponsel telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Mereka tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai perangkat multifungsi yang memungkinkan akses ke internet, media sosial, aplikasi, kamera, dan banyak lagi.

Perkembangan dan inovasi terus berlanjut, dan kita dapat melihat perubahan yang konstan dalam desain, fitur, dan kemampuan ponsel cerdas.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber