Warga Bakar Lahan Terpantau Helikopter BPBD Sumsel

Warga Bakar Lahan Terpantau Helikopter BPBD Sumsel

Rekaman video dari BPBD Provinsi Sumatera Selatan melalui udara, memperlihatkan pembakaran sisa pohon hasil pembukaan lahan di wilayah Prabumulih Utara.--BPBD Sumsel

PRABUMULIH, PALTV.CO.ID - Meski sudah diperingatkan untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar, masih ada saja oknum warga Prabumulih yang nekat membakar sisa pohon hasil penebangan. Perbuatan warga tersebut terpantau patroli helikopter BPBD Provinsi Sumsel.

Sebuah rekaman video dari BPBD Provinsi Sumatera Selatan melalui udara, memperlihatkan pembakaran sisa pohon hasil pembukaan lahan di wilayah Prabumulih Utara.

Video tersebut diambil pada 23 Juni 2023 saat BPBD Provinsi Sumsel melakukan patroli Karhutla menggunakan helikopter.

Kasi Pencegahan BPBD Kota Prabumulih Rahmad Tauhid membenarkan adanya pembakaran lahan di sejumlah wilayah Prabumulih.

BACA JUGA:Warga Prabumulih Mengeluh Pasar Malam Bikin Macet

BACA JUGA:Hutannya Paling Luas Eh Tapi 3 Wilayah Prabumulih Ini Rawan Karhutla


Rahmad Tauhid, Kasi Pencegahan BPBD Kota Prabumulih.-Benny Firdaus-PALTV

Menurutnya sampai Juni 2023 sudah ada 4 kasus Karhutla yakni di Kelurahan Gunung Kemala, Anak Petai, Cambai, dan Tanjung Raman. Dengan luas lahan yang terbakar satu sampai dua hektar.

Pihaknya mengingatkan kepada warga bahwa pantauan karhutla dengan helikopter terus dilakukan, jadi personil BPBD Provinsi Sumsel dapat mudah mendeteksi dini kebakaran hutan.

"Kami masih terus mensosialisasikan, tapi masih ada di beberapa tempat pembukaan lahan dengan dibakar meski memang tidak luas, tapi saat ini kan BPBD Provinsi Sumsel  terus memantau melalui udara," ujar Rahmad Tauhid.

BPBD Kota Prabumulih mewanti-wanti warga agar tidak membakar hutan dan lahan. Karena, menurut Undang Undang Karhutla ada denda dan sanksi pidana bagi pelakunya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv