Jejak Peradaban: Momen Penting Perjalanan Panjang Menuju Terbentuknya Dunia Kontemporer

Jejak Peradaban: Momen Penting Perjalanan Panjang Menuju Terbentuknya Dunia Kontemporer

Jejak peradaban, evolusi panjang menuju terbentuknya dunia kontemporer.-Joe-pixabay.com/jplenio

BACA JUGA:Ini Rekomendasi Air terjun Terindah yang Cocok Kamu kunjungi di Musim Liburan.

Kondisi tersebut membuat kaum proletar dan borjuis Perancis melakukan pemberontakan dan menumbangkan pemerintahan monarki absolut Louis XVI. Para revolusioner lalu menggantinya dengan sistem pemerintahan Republik Perancis.

Revolusi Perancis dan Revolusi Amerika membawa ‘virus’ republik dan demokrasi liberal ke permukaan benua Eropa.

Sementara itu, sebagai akibat dari krisis nasional yang dialami Kekaisaran Rusia di Eropa Timur, pada tahun 1917 meletus Revolusi Rusia dalam dua fase.

Pertama, menggulingkan kekuasaan Kaisar Tsar Nicolas II pada bulan Februari dan menggantikannya dengan Pemerintahan Rusia Sementara.

BACA JUGA:211 Tenaga Kesehatan PPPK Ogan Komering Ilir Ikuti Pembekalan dan Pelatihan Menjalankan Tugas

BACA JUGA:‘Adu Mekanik’ Istilah yang Sering Disebut dalam Permainan Mobile Legends, Jadi Penasaran Apa Sih Artinya?

Fase kedua terjadi pada bulan Oktober yang dikenal dengan Revolusi Bolshevik. Pada fase ini, kaum Bolshevik (proletar) Rusia memberontak dan menjatuhkan Pemerintahan Sementara yang dianggap lamban mewujudkan cita-cita rakyat. Kaum Bolshevik dipimpin Lenin memproklamasikan berdirinya Republik Sosialis Rusia.

Pada abad ke-20, dunia menyaksikan dua perang dunia yang menghancurkan dan mengubah wajah politik dunia. Perang dunia kedua memunculkan dua kekuatan baru, Amerika Serikat dan Uni Soviet, yang bersaing untuk pengaruh global selama Perang Dingin.

Globalisasi, yang semakin pesat pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21, telah menghubungkan negara-negara dan budaya-budaya di seluruh dunia melalui perdagangan internasional, teknologi informasi, dan aliran manusia. Ini telah menghasilkan kemajuan dalam komunikasi, transportasi, dan pertukaran ide.

Melalui perjalanan yang panjang dan berliku ini, dunia telah berkembang menjadi apa yang kita lihat hari ini. Dengan inovasi teknologi, perubahan politik, dan pertukaran budaya yang terus berlanjut, dunia terus berubah dan berkembang.

BACA JUGA:Cara-cara Penting untuk Menghindari Kemiskinan yang Harus Anda Ketahui

BACA JUGA:Memasak Daging Kambing Bau dan Alot, Ini Kesalahan yang Harus Dihindari

Sejarah dunia memberikan kita wawasan tentang perjalanan manusia dan memberi kita kesempatan untuk memahami perbedaan dan kesamaan kita sebagai warga dunia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber