Manfaat Berjemur Dibawah Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Manfaat Berjemur Dibawah Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Aktivitas berjemur di bawah sinar matahari--alodokter.com

BACA JUGA:Mengenal Apa Itu Heatwave dan Dampak Buruknya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Kesehatan kulit

Perlindungan terhadap sinar UV yang berlebihan sangat penting, paparan sinar matahari dalam jumlah yang wajar juga dapat memberikan manfaat untuk kulit. 

Sinar matahari membantu menghasilkan vitamin D yang diperlukan untuk kesehatan kulit, dan dapat membantu mengurangi beberapa masalah kulit seperti psoriasis, jerawat, dan dermatitis. 

Peningkatan kualitas tidur

BACA JUGA:Catat Ya! 7 Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

BACA JUGA:Benarkah Donor Darah Dapat Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Paparan sinar matahari secara alami membantu mengatur ritme sirkadian, yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Paparan sinar matahari di pagi hari dapat membantu meningkatkan energi pada siang hari dan membantu tidur yang lebih baik pada malam hari. 

Namun, penting untuk diingat bahwa berjemur di bawah sinar matahari harus dilakukan dengan bijaksana dan mengikuti panduan keamanan. 

Paparan sinar matahari berlebihan dan tanpa perlindungan dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan kulit, penuaan dini, dan bahkan kanker kulit. 

Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF yang memadai, membatasi paparan sinar matahari terutama saat intensitasnya tinggi, dan mendapatkan nasihat dari profesional kesehatan jika anda memiliki kondisi kesehatan yang mempengaruhi toleransi terhadap sinar matahari.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber