Mengenal Apa Itu Heatwave dan Dampak Buruknya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Mengenal Apa Itu Heatwave dan Dampak Buruknya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Heatwave atau gelombang panas yang terjadi saat ini harus diwaspadai. Salah satunya dapat menyebabkan dehidrasi dan heatstroke--pixabay.com/@geralt

PALEMBANG, PALTV. CO. ID- Fenomena cuaca ekstrim merupakan Fenomena alam yang biasanya disebabkan oleh perubahan cuaca yang drastis. Hal ini  telah terbukti menyebabkan beberapa bencana alam. Sebagian para ahli mengatakan bahwa cuaca ekstrem merupakan Fenomena alam yang tidak normal dan tidak biasa. 

Fenomena cuaca ekstrim yang dapat ditandai dengan curah hujan, arah dan kecepatan angin, peningkatan suhu udara atau biasa disebut dengan Gelombang Panas. Hal ini menjadi permasalahan karena dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh manusia.

Salah satu fenomena cuaca ekstrim yang sering melanda negara-negara asia tenggara yaitu Heatwave atau biasanya disebut dengan Gelombang Panas.

Lantas apa itu Heatwave, dan dampak buruknya bagi kesehatan, Berikut ini penjelasan nya.

BACA JUGA:Pesona Kampung Arab Al Munawar, Wisata Religi di Palembang

BACA JUGA:Komunitas Kripto Kuat Kunci Keberhasilan Proyek Blockchain, Benarkah?

Apa itu Heatwave?

Gelombang panas, atau juga dikenal dengan sebutan Heatwave, adalah suatu kondisi peningkatan suhu udara yang sangat ekstrem sehingga cuaca menjadi sangat panas. serangan cuaca ekstrem heatwave ini dapat ditandai dengan peningkatan suhu udara yang berlangsung selama 5 hari atau lebih.

Gelombang Panas (Heatwave) biasa nya melanda negara-negara besar di Benua Asia seperti Thailand, India, Bangladesh, China, Jepang, Laos, Korea, Myanmar. Di negara-negara tersebut penigkatan suhu terjadi sangat drastis bahkan sampai 40 derajat Celcius. 

 Puncak cuaca ekstrem terjadi di Kumarkhali, sebuah kota di Distrik Kusthia, Bangladesh. Negara menjadi negara dengan cuaca panas ekstrem terparah pada 17 April 2023 yakni dengan peningkatan suhu harian hingga mencapai 51,2 derajat Celcius. 

Sedangkan di India, 60 persen wilayahnya juga mengalami kondisi cuaca ekstrem. Tercatat Hingga 16 April, 13 orang telah meninggal akibat cuaca ekstrem yang disebabkan oleh gelombang panas tersebut.

BACA JUGA:Makanan yang Menyehatkan Tubuh: Pilihan yang Tepat untuk Gaya Hidup Sehat

BACA JUGA:Mau Menjaga Kesehatan Otak, Berikut Ini 7 Tips Yang Jitu!

Selain itu, Heatwave atau Gelombang Panas ini juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia, inilah dampak buruk Gelombang Panas bagi kesehatan tubuh manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber