Manfaat Berjemur Dibawah Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Manfaat Berjemur Dibawah Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Aktivitas berjemur di bawah sinar matahari--alodokter.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Apakah kalian pernah melihat seseorang melakukan rutinitas setiap paginya berjemur dibawah trik matahari. “iya” mungkin sebagian orang pernah melakukan rutinitas tersebut.  Lalu kenapa mereka melakukanya? Berjemur dibawah trik matahari apakah ada manfaatnya, ataukah mereka yang melakukan rutinitas tersebut sedang melakukan terapi. Atau sebaliknya menjaga kesehatan tubuh agar tetap selalu prima. 

Kesehatan sangatlah penting dijaga, berapa banyak diantara sebagian orang memiliki harta kekayaan namun tidak bisa menikmatinya. Kenapa, dan bagaimana itu bisa terjadi. 

Jawabanya ada pada diri kita sendiri. Berbicara tentang berjemur dibawah trik matahari tentunya sangatlah baik dilakukan, bukan hanya dapat meningkatkan daya imun tubuh. Melainkan,dapat meningkatkan suasana hati. 

Waktu yang tepat untuk berjemur dibawah sinar matahari adalah pada pagi hari atau sore hari, terutama pada saat sinar matahari tidak terlalu kuat. 

BACA JUGA:Pentingnya Memperbanyak Minum Air Putih di Teriknya Panas Matahari

BACA JUGA:Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Pada saat ini, intensitas sinar UVB yang dapat meransang produksi Vitamin D relatif lebih tinggi dari pada sinar UVA yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Pada umumnya, waktu yang di sarankan untuk berjemur adalah antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Namun, ini bisa sedikit berbeda tergantung pada lokasi geografis dasn musim. 

Pada musim panas atau di daerah dengan sinar matahari yang lebih kuat, waktu yang lebih baik untuk berjemur adalah di pagi hari sebelum pukul 10 atau setelah sore hari sebelum pukul 4. 

Selain mempertimbangkan waktu, penting juga untuk memperhatikan lamanya waktu berjemur. Durasi yang disarankan adalah sekitar 10 hingga 30 menit, tergantung pada jenis kulit, tingkat sensitivitas terhadap sinar matahari, dan tingkat paparan UV di lokasi anda. 

BACA JUGA: 5 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuhmu

BACA JUGA:7 Manfaat Jahe, Temukan Keajaiban Kesehatan di Dapur Anda

Jika anda memiliki kulit yang lebih terang, mungkin lebih baik mengatasi waktu berjemur menjadi lebih pendek untuk menghindari risiko terbakar sinar matahari.

Penting juga untuk menggunakan tabir surya SPF yang memadai, terutama jika anda berencana untuk berjemur dibawah sinar matahari selama waktu yang lebih lama atau jika sinar matahari cukup kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber