Berbeda dengan Indonesia, Arab Saudi Tetapkan Idul Adha Selasa, 27 Juni 2023

Berbeda dengan Indonesia, Arab Saudi Tetapkan Idul Adha Selasa, 27 Juni 2023

Terdapat perbedaan tanggal hari raya Idul Adha antara Arab Saudi dengan Indonesia. Arab Saudi menetapkan tanggal 27 Juni sementara Indonesia 29 Juni 2023.-ekrem-pixabay.com/Konevi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, bulan terakhir dalam kalender Hijriah, bertepatan dengan Selasa, 27 Juni 2023. "Hari Arafah jatuh pada Selasa, 27 Juni, sementara Rabu, 28 Juni, akan menjadi hari pertama Iduladha," demikian pernyataan Mahkamah Agung Saudi yang dikutip Gulf News.

Arab Saudi, negara yang dikenal sebagai pusat spiritual umat Islam, telah menetapkan Idul Adha untuk tahun 2023. Idul Adha, juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, adalah salah satu perayaan paling penting dalam agama Islam. Di Arab Saudi, perayaan ini diikuti dengan penuh keagamaan dan kesalehan.

Pada hari ini, jutaan umat Muslim dari seluruh dunia berbondong-bondong ke Tanah Suci Mekah untuk menjalankan ibadah haji. Namun, bagi mereka yang tidak dapat menjalankan ibadah haji, Idul Adha tetap merupakan waktu yang sangat berarti.

Salah satu tradisi utama Idul Adha adalah penyembelihan hewan kurban. Umat Muslim yang mampu secara finansial dianjurkan untuk menyembelih hewan seperti domba, sapi, atau kambing sebagai bentuk pengorbanan dan mengikuti jejak Nabi Ibrahim.

BACA JUGA:Fix!! Hari Raya Idul Adha 1444 H Jatuh pada 29 Juni 2023

BACA JUGA:Kenalai Ciri-Ciri Hewan Yang Kena Penyakit Rabies

Hewan kurban ini kemudian dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan, termasuk keluarga, tetangga, dan yang kurang mampu. Aktivitas ini mencerminkan nilai-nilai sosial Islam yang mengedepankan kepedulian sosial dan saling berbagi.

Di Arab Saudi, pemerintah dan lembaga-lembaga terkait bekerja sama untuk memastikan bahwa perayaan Idul Adha berjalan lancar. Mereka mengatur penyembelihan hewan kurban dengan sistematis dan tertib.

Tempat pemotongan hewan disiapkan di berbagai lokasi di seluruh negara untuk melayani umat Muslim yang ingin berpartisipasi dalam ibadah kurban ini. Selain itu, pemerintah juga memastikan tersedianya fasilitas dan infrastruktur yang memadai untuk menampung jutaan jamaah haji yang datang dari berbagai penjuru dunia.

Arab Saudi sebagai tuan rumah Tanah Suci Mekah dan Madinah memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga tradisi dan nilai-nilai agama.

BACA JUGA:Menjelajahi Keseimbangan dan Ketenangan Melalui Yoga

BACA JUGA:Hal-hal Sepele Yang Bisa Membuat Kerusakan Mata

Pemerintah berusaha keras untuk memastikan semua kegiatan terkait Idul Adha berjalan dengan aman, tertib, dan nyaman bagi jamaah haji dan penduduk setempat.

Mereka juga berkomitmen untuk memelihara warisan budaya Islam dan melindungi kepentingan para jamaah haji yang datang ke negara ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber