Belum Setahun Dibangun, Kabel Listrik Flyover Patih Galung Lenyap Dicuri

Belum Setahun Dibangun, Kabel Listrik Flyover Patih Galung Lenyap Dicuri

Kabel-kabel penting yang mengaliri listrik di flyover di Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat dicuri oleh orang tak dikenal pada bulan Mei 2023 lalu.-Benny Firdaus-PALTV

PRABUMULIH, PALTV.CO.ID - Belum setahun flyover Patih Galung Kota PRABUMULIH selesai dibangun, kabel listrik yang digunakan untuk penerangan malah lenyap dicuri maling.

Akibatnya saat malam tiba kondisi jalan menjadi gelap gulita, sehingga mengancam keselamatan pengendara dan pejalan kaki yang melintas di flyover tersebut.

Diketahui kabel-kabel penting yang mengaliri listrik di flyover di Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat dicuri oleh orang tak dikenal pada bulan Mei 2023 lalu.

Akibatnya sampai berita ini diturunkan (18/6/2023) PJU di sepanjang flyover terutama di sisi kiri-kanan menjadi tidak berfungsi alias padam.

BACA JUGA:Progres Jalan Lingkar Prabumulih 7,94 Persen

BACA JUGA:Hutannya Paling Luas Eh Tapi 3 Wilayah Prabumulih Ini Rawan Karhutla

Menanggapi hal itu PPK 3.3 BBPJN V Sumsel Surya Perdana mengatakan, telah membuat laporan ke Polres Prabumulih meminta pelaku pencurian segera ditindak.

Dengan hilangnya kabel listrik dan padamnya lampu jalan, pihaknya akan bertanggung jawab dan perbaikan dilakukan oleh kontraktor karena masih dalam masa pemeliharaan. Diperkirakan bulan Agustus atau September penyedia jasa akan mengganti kabel baru.

"Kemarin yang hilang cuma kabel kalo lampu LED-nya masih aman, tindak lanjut kami sudah lapor Polres Prabumulih. Nanti untuk perbaikan karena masih masa pemeliharaan diperkirakan bulan Agustus-September nanti penyedia jasa yang lama akan ganti kabel lagi," beber Surya.

Ditambahkan Surya, agar tidak terulang kembali aksi pencurian kabel, instalasi kabel listrik akan di improve dengan membuat pelindung besi di bagian luar, sehingga tidak bisa dipotong.

BACA JUGA:Video: Kunjungan Rutan Prabumulih Meningkat, Berefek Positif Bagi Warga Binaan

BACA JUGA:Cara Mengoptimalkan Pendapatan: Strategi Meraih Keuntungan Lebih dengan Gaji UMR

Tidak hanya mengganggu kenyamanan pengendara, aksi pencurian kabel sepanjang 250 meter ini juga mengakibatkan kerugian finansial mencapai Rp10.000.000.

"Kalo kerugian kurang lebih Rp7.500.000 sampai Rp10.000.000 dengan panjang kabel yang hilang sekitar 250 meter," ungkap Surya seraya mengatakan telah kehilangan sebanyak itu dalam satu malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv