Bukan Sekedar Kewajiban!! Banyak Manfaat Tersirat Solat Untuk Kesehatan Tubuh

Bukan Sekedar Kewajiban!! Banyak Manfaat Tersirat Solat Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Gerakan solat--el-zeno.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mungkin banyak dari sebagian orang melakukan rutinitas aktivitas berolahraga, bertujuan untuk menjaga tubuh agar selalu tetap prima.

Bukan hanya olahraga saja yang dilakukan akan tetapi hal lainya juga perlu diperhatikan, misalnya menjaga pola makan dengan cara memakan makanan yang bergizi.

Namun tahukah kalian? Ternyata aktifitas selain olahraga, ada juga aktivitas lainya yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Yaitu mengerjakan ibadah solat lima waktu, bagi yang beragama islam.

Berbicara tentang solat, semua umat muslim mengetahuinya bahwa mengerjakan solat adalah perintah langsung dari Allah S.W.T. dan itu hukumnya wajib.

Solat atau shalat adalah salah satu ibadah penting dalam agama islam yang melibatkan gerakan fisik dan spiritual. Selain sebagai ibadah, solat juga memiliki manfaat kesehatan tubuh manusia.

Lalu manfaat apa saja yang didapatkan ketika seorang umat muslim mengerjakan solat. Selain pahala yang didapatkan, tentunya dapat menjaga kesehatan tubuh juga.

Berikut adalah beberapa manfaat solat untuk kesehatan tubuh manusia, dikutip dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Gerakan solat seperti sujud dan rukuk membantu meningkatkan sirkulasi darah di tubuh dan membantu meningkatkan kesehatan jantung.

2.   Menurunkan resiko obesitas

Solat melibatkan gerakan fisik seperti berdiri, rukuk dan sujud. Gerakan gerakan ini membantu membakar kalori dan dapat membantu menurunkan berat badan.

3.   Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Gerakan solat juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh dan membantu melenturkan otot.

4.   Mengurangi strees

Solat melibatkan ketenangan batin, reciting ayat AL – Qur’an, gerakan fisik, dan revisiting kembali hubungan antara diri sendiri dengan allah s.w.t. Aktifitas aktifitas tersebut dapat membantu mengurangi stress serta membantu menenangkan fikiran.

5.   Meningkatkan koordinasi

Gerakan solat memerlukan koordinasi antara anggota tubuh bagian atas dan bawah. Hal ini membantu meningkatkan koordinasi tubuh dan keseimbangan.

6.   Mengurangi sakit kepala

Gerakan solat membantu melancarkan sirkulasi darah di kepala dan meningkatkan oksigenasi di otak. Hal ini dapat membantu mengurangi sakit kepala.

Selain manfaat manfaat di atas, banyak orang menginformasikan bahwa melakukan solat secara teratur juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, mengurangi gejala depresi, meningkatkan fokus, dan konsentrasi, serta meningkatkan kesehatan imunitas tubuh.

Nah bagaimana pendapat kalian, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber