Mengenal Apa Itu Heatwave dan Dampak Buruknya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Mengenal Apa Itu Heatwave dan Dampak Buruknya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Heatwave atau gelombang panas yang terjadi saat ini harus diwaspadai. Salah satunya dapat menyebabkan dehidrasi dan heatstroke--pixabay.com/@geralt

1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah salah satu gejala yang terjadi akibat gelombang panas. Seorang yang mengalami dehidrasi biasanya tubuhnya akan mengeluarkan lebih banyak cairan daripada yang dibutuhkan. Adapun ciri jika seseorang mengalami dehidrasi yaitu meliputi mulut kering, pusing dan Lemas,  kulit kering,  merasa sangat haus,  cairan urin berwarna gelap dan berbau menyengat.

2. Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA)

BACA JUGA:Wah! Harga Cabai Mulai Naik Jelang Hari Raya Haji, Segini Harganya

BACA JUGA:Klaim Banyak Negara Rebutan, Prabowo Bangganya Bisa Beli Jet Mirage Bekas Qatar

Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA) adalah Suatu kondisi yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri pada saluran pernapasan. Kondisi ini dapat terjadi selama gelombang panas, karena perubahan cuaca yang ekstrim memaksa sistem kekebalan tubuh melakukan penyesuaian drastis. 

Hal ini yang juga mengganggu kemampuannya melawan infeksi. Adapun gejala lain nya yang terjadi kepada seseorang yang mengalami Ispa antara lain sesak nafas, demam, batuk dan nyeri tenggorokan.

3. Heat Stroke

Heat stroke merupakan salah satu jenis hipertermia yang sangat berbahaya dan fatal Adalam dunia medis, Hal ini karena Heat Stroke dapat menyebabkan Rusaknya sistem saraf, koma bahkan kematian.

BACA JUGA:Kenapa Orang Lebih Suka Kirim Dokumen dengan File PDF Dibandingkan File Ms Word

BACA JUGA:Habis Kesabaran! Forum Indramayu Menggugat (FIM) Geruduk Ponpes Al Zaytun

Beberapa gejala Heat Stroke diantaranya kejang,  ruam pada kulit, penurunan kesadaran dan peningkatan suhu tubuh.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber