Ketua AMSI Sumsel Ardhi Fitriansyah Sebut Foto Ketua Bawaslu OKI Bersama Cawabup OKI adalah Konten Keliru

Ketua AMSI Sumsel Ardhi Fitriansyah Sebut Foto Ketua Bawaslu OKI Bersama Cawabup OKI adalah Konten Keliru

Ketua AMSI Sumsel Ardhi Fitriansyah sebut foto Ketua Bawaslu OKI bersama Cawabup OKI yang beredar adalah konten yang keliru (false context), Kamis (10/10/2024).--Tangkapan layar facebook.com/darfianmjs

OKI, PALTV.CO.ID - Terkait beredarnya foto Ketua Bawaslu OKI Romi Maradona dengan salah seorang Calon Wakil Bupati (Cawabup) OKI Abdiyanto Fikri, di salah satu media online dianggap sebagai konten yang keliru (false).

Anggapan konten keliru tersebut diungkapkan oleh Ketua AMSI Sumsel Ardhi Fitriansyah pada hari Kamis, 10 Oktber 2024.

Pria yang akrab disapa Anang ini mengatakan, konten yang disebarkan itu merupakan salah satu jenis berita hoaks yakni false context atau konten yang keliru.

Menurut Ketua AMSI Sumsel Ardhi Fitriansyah, foto yang beredar itu memang benar. Namun narasinya itu ditulis ulang dan tak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

BACA JUGA:Petugas Lapas Kelas IIB Kayuagung Kembali Deteksi dan Gagalkan Penyelundupan Sabu

BACA JUGA:Timnas Indonesia Usai Imbang 2-2 Atas Bahrain Langsung Terbang ke Qingdao

"Kita telah melakukan penelusuran dan memang benar bahwa foto tersebut diambil pada tahun 2019 silam, yang diposting oleh akun Facebook Darfian Mahar Jaya Suprana," terang Ketua AMSI Sumsel Ardhi Fitriansyah.

Ardhi Fitriansyah mengimbau kepada seluruh jurnalis awak media agar dapat melakukan kroscek ulang informasi yang diperoleh.

"Cek terlebih dahulu kebenarannya, jangan sampai membuat kegaduhan. Apalagi jelang Pilkada seperti saat ini," ucap Ketua AMSI Sumsel.

Sementara itu, Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten OKI Darfian Mahar Jaya Suprana mengatakan, foto Ketua Bawaslu OKI dan Cawabup Abdiyanto itu adalah hasil dari repost yang diambil dari akun Facebook miliknya.

BACA JUGA:Jokowi Ajak Pujakesuma Untuk Terus Berkontribusi di Era Pemerintahan Baru

BACA JUGA:Kilas Balik Pesona Mazda CX-5 di GIIAS 2024 Lalu

"Foto tersebut saya posting pada 17 September 2019 sehari sebelum pelantikan Pak Abdiyanto sebagai Ketua DPRD OKI terpilih," jelas Darfian Mahar Jaya Suprana.

Selain dirinya, lanjut Darfian, di dalam foto tersebut juga ada beberapa pewarta yang hadir, di antaranya Idham Syarief yang saat ini menjabat sebagai Ketua PWI OKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: