Maulid Nabi: Menag Yaqut Ajak Masyarakat Teladani Rasulullah dalam Persatuan dan Keragaman

Maulid Nabi: Menag Yaqut Ajak Masyarakat Teladani Rasulullah dalam Persatuan dan Keragaman

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas --Foto : kemenag.go.id

PALTV.CO.ID - Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan pentingnya menjadikan momen ini sebagai refleksi atas ajaran-ajaran luhur yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Menurut Yaqut, Maulid Nabi bukan hanya sekadar peringatan hari lahir Rasulullah, tetapi juga sebagai kesempatan untuk menghayati dan menerapkan nilai-nilai kehidupan yang telah dicontohkan beliau.

“Rasulullah SAW adalah figur teladan dalam segala aspek kehidupan, baik sebagai hamba Allah, pemimpin umat, hingga negarawan yang mempersatukan masyarakat Madinah dengan nilai-nilai keadilan, toleransi, dan kasih sayang,” ujar Yaqut pada Minggu (15/9/2024).

Menag menekankan bahwa sosok Rasulullah menjadi pengingat betapa pentingnya persatuan di tengah keberagaman, khususnya bagi bangsa Indonesia.

BACA JUGA:Telat Distribusi Makanan, PB PON Sumut Keluarkan Surat Peringatan ke Vendor Konsumsi

BACA JUGA: Jakarta Kokoh Pimpin Klasemen Sementara PON XXI Aceh-Sumut 2024, Berikut Posisi Sumsel !!

Di masa Rasulullah, perbedaan tidak pernah menjadi penghalang, melainkan sebuah kekayaan yang harus dirawat dan dihormati.

Rasulullah berhasil menciptakan masyarakat Madinah yang harmonis meski terdiri dari berbagai suku dan agama.

“Sebagai bangsa yang beragam, kita perlu terus mengamalkan moderasi beragama demi terciptanya kehidupan yang rukun, damai, dan saling menghargai. Ini adalah kunci dari kebersamaan dan perdamaian yang berkelanjutan,” tegasnya.

BACA JUGA:Tepis Isu Korupsi, Menpora Pastikan Audit Dana PON XXI

BACA JUGA:Beasiswa S2 dari Pemerintah Inggris Tawarkan Peluang Emas bagi Indonesia Timur

Menag juga mengajak masyarakat untuk menjadikan peringatan Maulid Nabi sebagai kesempatan memperkuat komitmen dalam meneladani akhlak mulia Rasulullah, baik dalam hubungan dengan Allah, sesama manusia, maupun dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara.

"Semoga melalui peringatan ini, kita bisa terus meningkatkan kecintaan kepada Rasulullah SAW serta menerapkan ajaran-ajaran beliau dalam setiap langkah kehidupan kita," tutup Yaqut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenag.go.id