Bagaimana Drone Hizbullah Menaklukkan Titik Buta Iron Dome Israel, Ini Penjelasannya?

Bagaimana Drone Hizbullah Menaklukkan Titik Buta Iron Dome Israel, Ini Penjelasannya?

Bagaimana Drone Hizbullah Menaklukkan Titik Buta Iron Dome Israel, Ini Penjelasannya?--friends_of_the_idf/ig

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Hizbullah telah berhasil mengidentifikasi dan memanfaatkan "titik-titik buta" dalam sistem pertahanan Israel melalui penggunaan drone pengintai yang secara cermat memetakan wilayah Palestina utara yang diduduki.

Sarit Zehavi, pendiri dan presiden Alma Research and Education Center, sebuah think tank Israel, menyatakan bahwa kemampuan Hizbullah ini diungkapkan dalam video misi Hoopoe yang disediakan oleh Perlawanan Islam, seperti dilaporkan oleh Wall Street Journal (WSJ).

Kelebihan dan Tantangan yang Dihadapi Israel

Menurut WSJ, drone ini menjadi masalah serius bagi Israel karena ukurannya yang kecil dan sulit dideteksi. Drone-drone ini tidak mengikuti jalur penerbangan yang dapat diprediksi dan tidak melepaskan panas yang cukup kuat seperti mesin roket, sehingga lebih sulit untuk ditemukan dan dihancurkan.

BACA JUGA:OJK Tanggapi Rencana BEI yang Bakal Luncurkan Short Selling pada Okteber Mendatang

Selain itu, drone ini murah dan berlimpah, serta digunakan oleh musuh-musuh Israel dalam jumlah yang semakin banyak dan teknologi yang semakin canggih.

Kemampuan Serangan Drone Hizbullah

Sejak 7 Oktober, Hizbullah telah menunjukkan kemampuannya menggunakan drone untuk menyerang Israel hampir setiap hari.

Pada bulan ini, Hizbullah mulai menggunakan pesawat tak berawak Shahed-101 buatan Iran dalam konfrontasi di Lebanon selatan. Drone ini sangat mudah bermanuver dan sulit dideteksi, menimbulkan kekhawatiran besar di kalangan militer Israel. Itay Blumenthal, koresponden urusan militer untuk lembaga penyiaran publik Kan Israel, mengungkapkan bahwa drone ini sangat sulit dideteksi dan dicegat oleh Angkatan Udara Israel.

BACA JUGA:Aksi Damai Ratusan Warga Desa Keban Agung Muara Enim Tolak Ganti Rugi Lahan Rp6.000 Per Meter

Kelompok Perlawanan Islam sering kali mengirim beberapa drone sekaligus, dengan setidaknya satu drone untuk pengintaian dan yang lainnya membawa bahan peledak.

Pada bulan Juni, peralatan militer yang sensitif, termasuk sistem anti-drone Drone Dome yang bernilai jutaan dolar, telah diserang. Pada bulan Mei, balon pengintai radar Sky Dew juga menjadi target serangan.

Strategi Pengintaian dan Provokasi Hizbullah

WSJ melaporkan bahwa Hizbullah telah menerbangkan pesawat tak berawak pengintai di atas wilayah utara Israel dalam beberapa bulan terakhir untuk mengumpulkan foto udara dan informasi intelijen tentang lokasi-lokasi strategis penting. Langkah ini dimaksudkan untuk mengingatkan Israel tentang kerentanannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber