Herman Deru Hadir Via Zoom dalam Sidang Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI Sumsel, Akui Banyak Lupa dan Tidak Tahu

Herman Deru Hadir Via Zoom dalam Sidang Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI Sumsel, Akui Banyak Lupa dan Tidak Tahu

Mantan Gubernur Sumsel Herman Deru hadir via zoom sebagai saksi dalam sidang lanjutan kasus dugaan korupsi dana hibah KONI Sumsel, ia sering mengaku lupa dan tidak tahu, Senin (22/7/2024).-Mulyadi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mantan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru hadir via zoom pada sidang dalam kasus dugaan korupsi dana hibah KONI Sumsel.

Mantan orang nomor 1 di Sumatera Selatan ini menjadi saksi dalam sidang perkara dugaan korupsi yang menjerat Mantan Ketua KONI Sumsel Hendri Zainuddin.

Sidang dugaan korupsi dana hibah KONI Sumsel diketuai Majelis Hakim Tipikor Efiyanto di Pengadilan Negeri (PN) Palembang pada hari Senin, 22 Juli 2024.

Dalam kesaksiannya di persidangan, Mantan Gubernur Sumsel Herman Deru mengaku banyak lupa dan tidak tahu.

BACA JUGA: Penggiat Anti Korupsi Sumsel Datangi PN Palembang, Desak Panggil Herman Deru Pada Sidang Kasus Koni

Ketidaktahuan dan banyak lupa tersebut disampaikan Herman Deru ketika dicecar pertanyaan oleh Penasihat Hukum Terdakwa, Jaksa Penuntut Umum dan Majelis Hakim.


Herman Deru sering jawab lupa dan tidak tahu ketika dicecar pertanyaan oleh Penasihat Hukum Terdakwa, Jaksa Penuntut Umum dan Majelis Hakim, Senin (22/7/2024).-Mulyadi-PALTV

Apalagi saat ditanya oleh Penasihat Hukum Terdakwa Hendri Zainuddin, Gede Pasek Suardika, terkait proses pencairan dana hibah KONI Sumsel sebesar Rp37,5 Miliar.

"Saudara Saksi, kenapa pencairan anggaran itu dilakukan pada bulan Oktober 2021 setelah PON, sedangkan Surat Keputusan Gubernur November 2021 Anda tandatangani?" tanya Gede Pasek kepada Herman Deru.

Herman Deru mengaku tidak tahu serta tidak ingat hal tersebut dan menjelaskan bahwa pertanggungjawaban dana ada di penerima.

BACA JUGA: PN Palembang Buka Suara Soal Penetapan Herman Deru Sebagai Saksi Kasus Korupsi KONI Sumsel

"Saya tidak tahu itu. Terkait besaran dana hibah saya tidak begitu hafal, tapi penerima tetap bertanggungjawab," tutur Mantan Gubernur Sumsel Herman Deru.

Ketika Penasihat Hukum Terdakwa mencecar besaran dana yang dianggarkan untuk keberangkatan KONI Sumsel pada PON dan Porprov, Herman Deru pun mengaku lupa.

"Kalau soal itu, saya benar-benar lupa, Pak," kilah Mantan Gubernur Sumsel Herman Deru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv