7 Mesin Paling Brutal yang Pernah Digunakan Camaro: Warisan Kejayaan American Muscle

7 Mesin Paling Brutal yang Pernah Digunakan Camaro: Warisan Kejayaan American Muscle

7 Mesin Paling Brutal yang Pernah Digunakan Camaro: Warisan Kejayaan American Muscle--youtube fuse box

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Dengan majunya teknologi dalam industri otomotif, kebanyakan produsen akhirnya meninggalkan mesin pembakaran dalam dan menggantikannya dengan mesin hybrid atau full elektrik.

Bagi pecinta suara mobil, ini adalah mimpi buruk. Mobil hybrid, apalagi full elektrik, tidak bisa memberikan suara khas yang membuat mobil tersebut begitu istimewa.

Bayangkan American Muscle tanpa mesin hemi-nya, tentu rasanya akan berbeda. Salah satu mobil yang memiliki suara dan bentuk ikonik adalah Camaro, yang dikenal lewat film Transformers sebagai Bumblebee.

Pada beberapa bulan terakhir, Chevrolet mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan produksi Camaro setelah tahun 2024. Meskipun perusahaan belum mengatakan bahwa mereka akan meninggalkan nama Camaro sepenuhnya, belum ada petunjuk tentang masa depan untuk nama ini.

BACA JUGA:Spesifikasi Suzuki Fronx, Mobil yang Diuji Coba di Indonesia

Mungkin Camaro akan bangkit lagi suatu saat nanti, namun kemungkinan tanpa menggunakan mesin-mesin ikoniknya. Untuk mengingat betapa hebatnya Camaro dengan mesin pembakaran dalamnya, berikut ini adalah tujuh mesin paling brutal yang pernah digunakan di Camaro:

1. ZL1 427 (1969)

Fred Gibb memulai ambisi besar dengan menciptakan COPO Camaro pada tahun 1968. Pada tahun 1969, Gibb bekerja sama dengan Vince Piggins dari Chevrolet dan dealer Dick Harrell untuk menciptakan nomor pesanan COPO 9560, yang melibatkan pemasangan mesin ZL1 427 cubic inch berbahan aluminium pada Camaro 1969.

Mesin ZL1 adalah versi balap yang menggunakan mesin L88 big block 427 cubic inch, menghasilkan tenaga sebesar 430 horsepower, meskipun angka sebenarnya mendekati 525 horsepower. Gibb memesan 50 ZL1 Camaro untuk memenuhi aturan homologasi Stock Eliminator, menjadikannya mobil yang sangat luar biasa.

BACA JUGA:Danau Teluk Gelam: Pesona Alam yang Menyejukkan di Sumatera Selatan

2. LS3 V8 6.2L (2010-2015)

Pada tahun 2010, Chevrolet meluncurkan Camaro generasi kelima dengan menggunakan mesin LS3 V8 6.2L yang istimewa. Mesin ini awalnya dikutip menghasilkan 420 horsepower, namun faktanya bisa mencapai 426 horsepower.

LS3 memiliki bore 4,06 inch dan stroke 3,62 inch, dengan headport persegi panjang dan roller cam hydraulic. Mesin ini tersedia selama produksi Camaro generasi kelima hingga digantikan oleh LT1 V8 pada tahun 2015.

3. LSA V8 Supercharged 6.2L (2012)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber