Amankah Baterai Neta V-II yang Keluar Di Bagian Bawah Mobil?

Amankah Baterai Neta V-II yang Keluar Di Bagian Bawah Mobil?

Amankah Baterai Neta V-II yang Keluar Di Bagian Bawah Mobil?--youtube.com/@yangpentingkomentar

Namun, ada salah satu hal yang menjadi pertimbangan penting bagi calon pemilik mobil ini yaitu posisi baterainya yang tidak lazim. 

Pasalnya, baterai Neta V-II ini dirancang berada di kolong mobil dan menjorok ke bawah melebihi sasis. Jika dilihat dari belakang, posisi kas baterai terlihat jelas di antara kedua roda belakang, dan dari samping, bagian terendahnya sedikit melebihi titik side skirt. 

Dengan ground clearance 130 mm, yang tipikal untuk mobil perkotaan, banyak kekhawatiran mengenai keamanan baterai tersebut saat berkendara di jalan yang rusak.

BACA JUGA:Polisi Olah Tkp Kecelakaan di Tol Palembang-Prabumulih KM 48 Lokasi Kecelakaan dr. Bella

Menurut Januar Eka Sapta selaku Senior Manager After Sales Neta Auto Indonesia, menjelaskan bahwa meskipun posisi baterai tampak menonjol, konsumen tidak perlu khawatir.

"Yang dikhawatirkan dari mobil listrik itu kalau tertusuk sampai kena selnya. Tapi kalau hanya gasruk atau terpentok, masih aman selama selnya tidak berubah bentuk. Baterai memiliki beberapa lapisan pelindung," jelas Januar saat acara test drive Neta V-II di Bandung, Rabu (10/7/2024).

Dalam acara media test drive, Neta V-II diuji melewati genangan air setinggi 30 cm untuk mensimulasikan kondisi banjir. Nyatanya mobil tersebut tetap beroperasi normal saat masuk ke dalam kolam buatan, bahkan ketika berhenti sejenak di tengah kolam. Selain itu, 

tidak muncul peringatan maupun masalah yang timbul, selain itu beberapa peserta test drive terbukti membuktikan keamanan dengan memasukkan tangan ke dalam air.

BACA JUGA:7 Mobil Baru Yang Akan Rilis di Indonesia di GIIAS 2024! Mewah dan Murah

Baterai Neta V-II memiliki sertifikasi IP68+, yang berarti terlindungi dari debu, kotoran, dan pasir, serta dapat terendam hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. 

Baterai berkapasitas 63,1 kWh ini menggunakan teknologi lithium ferro phosphate dari Gotion, memberikan ketahanan tinggi untuk penggunaan sehari-hari.

Perlindungan Asuransi untuk Baterai

Meskipun baterai Neta V-II diklaim memiliki ketahanan tinggi, pabrikan menganjurkan konsumen untuk mengasuransikan mobil mereka. 

Saat ini, belum ada perusahaan asuransi yang secara spesifik melindungi baterai, tetapi asuransi mobil secara umum dapat mencakup beberapa risiko terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber