Pawai Ta'aruf di Desa Tegal Rejo Muara Enim, Perpaduan Unsur Relijiusitas dan Seni Budaya Jawa

Pawai Ta'aruf di Desa Tegal Rejo Muara Enim, Perpaduan Unsur Relijiusitas dan Seni Budaya Jawa

Kades Tegal Rejo Teguh Priono melepas peserta Pawai Ta'aruf Hari Jadi Desa Tegal Rejo ke-98, yang bersamaan dengan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah, Sabtu (6/7/2024).-Yansyah-PALTV

Yang terlibat pada Pawai Ta'aruf tahun ini dari Dinas Pendidikan Kabupaten Muara Enim, mulai dari anak SD, SMP, dan SMA/SMK di wilayah Tegal Rejo. Selanjutnya, pengurus Masjid dan Musholla serta paguyuban dan pelaku seni budaya.

Untuk seni dan budaya melibatkan paguyuban, kesenian Kuda Lumping, kesenian Reog, perguruan pencak silat, dan lainnya.

BACA JUGA: Bocah 9 Tahun yang Tenggelam, Jenazah korban Langsung Dibawa Kerumah Duka


Kesenian Reog juga turut meramaikan Pawai Ta'aruf Desa Tegal Rejo, Sabtu (6/7/2024).-Yansyah-PALTV

Ditambahkan oleh Ketua Panitia, Satria Saputra, kegiatan Pawai Ta’aruf ini dilakukan dengan biaya swadaya masyarakat dan juga bantuan dari CSR PTBA, serta melibatkan Tim Kota Wisata PTBA.

Bantuan PTBA dan dana swadaya masyarakat digunakan secara maksimalkan agar bisa memeriahkan Pawai Ta'aruf tahun 2024 ini.

Selain memberikan hiburan masyarakat, Pawai Ta'aruf juga untuk melestarikan kebudayaan asli Indonesia dengan nilai keagamaan.

"Kegiatan ini bukan hanya sebagai kegiatan rutin dan seremonial saja, namun memberikan makna bagi masyarakat yang menyaksikan. Menanamkan sisi relijius dan pelestarian budaya menjadi misi Pemdes dalam kegiatan Pawai Ta'aruf," ungkap Satria Saputra.

BACA JUGA: Mantan Wawako Palembang Akan diperiksa Sebagai Saksi terkait Dugaan korupsi PMI Kota Palembang


Kesenian Reog turut meriahkan Pawai Ta'aruf Desa Tegal Rejo, Sabtu (6/7/2024).-Yansyah-PALTV

Kolaborasi Tim Kota Wisata PTBA dengan Panitia Pawai Ta’aruf guna memperluas informasi terkait kegiatan ini.

Diadakan pula lomba fotografi untuk komunitas fotografi. Dengan mengunggah karya-karya lomba fotografi ke media sosial, akan membantu promosi dari kegiatan Pawai Ta’aruf.

"Lomba foto dan media sosial menjadi sarana promosi kegiatan agar dilihat masyarakat luas di luar Desa Tegal Rejo," pungkas Satria Saputra.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv