Antusias Remaja Ikuti Festival Rantangan Pada HUT Desa Muara Gula Baru

 Antusias Remaja Ikuti Festival Rantangan Pada HUT Desa Muara Gula Baru

Antusias Remaja Ikuti Festival Rantangan pada HUT Desa Muara Gula Baru-Foto/mardiansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID- Dalam rangka memperingati hari jadi Desa Muara Gula Baru, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim, pemerintah desa melakukan berbagai macam kegiatan untuk masyarakat desa, Selasa (4/7/2024). 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Camat Ujan Mas, Hasman Hadi, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Muara Enim, Drs Rahmat Noviar, MSi, perangkat Desa, Babinsa dan Babinkatibmas

Berbagai macam kegiatan seperti senam sehat, dan pembagian door prize untuk masyarakat. Selain itu kepala desa dan perangkat desa menggunakan HUT Desa Muara Gula ke 54 sebagai sarana pelestarian tradisi desa setempat. 

Kepala Dinas PMD, Drs Rahmat Noviar MSi mengatakan kalau kegiatan yang di lakukan desa Muara Gula cukup baik. Pasalnya banyak kegiatan yang mengikut sertakan masyarakat luas, mengangan mengikuti jalan sehat, senam bersama, selain itu panitia juga melibatkan generasi muda dan anak-anak untuk berkegiatan dalam acara. 

BACA JUGA:Kominfo Investigasi Dugaan Pembocoran Data oleh 'Orang Dalam' PDN

Ditambah lagi Kades dan Perangkat desa melakukan tradisi desa dengan di lakukan festival rantang dan lomba memasak pindang ikan belimbing. "Peringatan Hari Jadi Desa bukan cuma sekedar perayaan tapi juga bisa melestarikan tradisi desa itu lebih baik", ujarnya. 

Memang Desa Muara Gula Baru ini merupakan desa dengan banyak membuat inovasi dan juga meraih prestasi. Pemerintah Kabupaten Muara Enim sangat mendukung Desa Muara Gula Baru dalam segala aspek terutama untuk pembangunan dan inovasi desa serta menjaga dan melestarikan tradisi yang mereka miliki. 

Di tambahkan Kepala Desa Muara Gula Baru, Suluhudin, SIP sejatinya peringatan HUT DESA ini untuk menjalankan tradisi yang diturunkan oleh leluhur kita. Seperti melestarikan masakan khas Desa Muara Gula yaitu pindang ikan belimbing, dan rantangan.

Dimana pindang ikan yang juga di tambah belimbing wuluh merupakan masakan yang bercitarasa rasa khas asal Muara gula. Rantangan merupakan tradisi dimana warga memberikan masakan mereka untuk di nikmati semua kalangan masyarakat. 


Kades Muara Gula Baru, Suluhudin bersama Kepala dinas PMD, Camat Ujan Mas meninjau lomba masak pindang-Foto/mardiansyah-PALTV

"Masakan pindang belimbing dan rantangan tradisi leluhur yang harus di jaga terutama untuk generasi muda kita", kata Suluhudin. 

Sengaja kita libatkan semua generasi agar orang tua bisa mengajarkan tradisi leluhur kepada generasi muda yang terlibat pada acara. "Tugas orang tua menurunkan tradisi dan tanggung jawab generasi muda untuk melestarikan tradisi", jelasnya.

Banyak generasi muda dari karang taruna, anak-anak usia produktif dan anak sekolah ikut serta. Baik dalam kepanitiaan dan juga pengisi acara. "Kita berharap tradisi leluhur tetap terjaga dan pembangunan desa terus meningkat dibtangan generasi muda", tandasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: