Kisah Nokia dari Pabrik Kertas Hingga Menjadi Produsen Ponsel Pertama di Dunia

Kisah Nokia dari Pabrik Kertas Hingga Menjadi Produsen Ponsel Pertama di Dunia

Kisah Nokia dari Pabrik Kertas Hingga Menjadi Produsen Ponsel Pertama di Dunia --Foto : instagram/@telefone_antigo

Perusahaan ini juga memiliki masalah internal, salah satunya waktu tunggu yang sangat lama untuk memasarkan ponsel dan struktur manajemen yang rumit yang dipenuhi dengan politik internal.  Segera setelah kehadiran iPhone, keuntungan Nokia turun 30%, dan penjualan turun sebesar 3,1%. Sementara keuntungan iPhone Apple melonjak sebesar 330% pada periode yang sama. 

Kemudian, pada Oktober 2008, smartphone pertama dengan sistem operasi Android, HTC Dream, juga meluncur dengan menggunakan software open source. Sementara Nokia terus berkutat membuat sistem operasinya, Symbian, mampu bersaing dengan iOS dan Android, namun platformnya sulit beradaptasi.   

BACA JUGA:Smartphone Berbiaya Rendah Nokia G42 Responsif

Nokia kolaps namun beruntung masih bisa bangkit setelah menunjuk mantan bos Microsoft, Stephen Elop pada 2010 untuk mengubah nasib perusahaan. Elop menjadi CEO Nokia pertama yang tidak berasal dari Finlandia.  Di bawah kepemimpinannya, Nokia bekerja sama dengan Microsoft dan kemudian meluncurkan smartphone pertamanya, 'Lumia' pada 2011.  

Lumia mulai dijual di Eropa pada November tahn tersebut, dan pada Januari 2012, ponsel tersebut sudah terjual hingga lebih dari 2 juta unit. Angka tersebut tidak jauh berbeda dibandingkan dengan penjualan iPhone saat itu.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber