Kenali 5 Khasiat Daun Suji untuk Kesehatan Tubuh, Bisa juga mengatasi Nyeri Haid

Kenali 5 Khasiat Daun Suji untuk Kesehatan Tubuh, Bisa juga mengatasi Nyeri Haid

Daun Suji--instagram.com/alisa.ummuzia

PALEMBANG PALTV.CO.ID – Daun suji merupakan salah satu jenis tumbuhan yang  banyak memberikan khasiat bagi tubuh. Kandungan klorofil pada tanaman ini dipercaya dapat mengatasi berbagai jenis gangguan pada kesehatan. Daun suji memiliki kandungan senyawa bio aktif flanoid dan polifenol. Tidak heran jika tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai salah satu jenis obat herbal.

Selain itu daun suji juga kaya akan kandungan klorofil.  Klorofil pada daun suji memiliki sifat antioksidan yang dipercaya mampu mencegah kerusakan sel tubuh yang dapat menyebabkan penuaan dini. Apabila anda ingin tahu lebih lanjut khasiat pada tanaman ini. Yuk simak penjelasan dibawah ini.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun suji dipercaya banyak mengandung senyawa flavonoid. Kandungan tersebut memiliki peran penting dalam mendukung kerja sel-sel imun untuk melawan infeksi.

BACA JUGA:Melawaan Bayang-Bayang Mertua Part 2 : Terobosan Mengejutkan! Pasangan Suami Istri Berani Melawan Mertua Domin

BACA JUGA:Memancing Di Tengah Laut Bikin Jantung Deg Deg'an

Alhasil senyawa tersebut dapat menghasilkan antibody yang kuat dan dipercaya mampu melindungi tubuh dari penyakit-penyakit kronis salah satunya ialah penyakit kanker. Adapun senyawa triterpenat yang terkandung pada daun suji. Kandungan tersebut telah terbukti dapat membunuh sel kanker.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Daun suji juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Daun suji mangandung ekstrak yang memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol darah sampai 50%.

Alhasil kandungan tersebut dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti kardio vaskular, penyakit jantung, hipertensi,dan stroke. Namun tingkat keamanan serta efektivitas pada daun suji masih perlu diteliti lebih lanjut dan disarankan agar berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

BACA JUGA:Anak Muda Bukan Karyawan Tetap Menghasilkan Banyak Uang, Emang Bisa? Yuk Simak Caranya

BACA JUGA:Bedanya SHM, HGB dan AJB Wajib Tahu Supaya Nggak Ditipu Gaes! 

3. Mengatasi masalah pernapasan

Selain menurunkan kadar kolestrol, ekstrak daun suji juga dipercaya dapat mengatasi gangguan pernapasan. Daun suji banyak dikonsumsi sebagai obat herbal salah satunya dalam mengatasi sistem pernapasan seperti sesak napas pada penderita asma dan batuk.

Para peneliti telah membuktikan bahwa ekstrak dalam daun suji mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Beberapa jenis bakteri dan salah satunya ialah strepcoccus pneumoniae penyebab pneumonia dan bakteri Mycro bacterium tuberculosis  penyebab TBC.

4. Meredakan gejala syok anafilaktik

BACA JUGA:Tidur Romantis dengan Pasangan! Begini Cara Mengatur Lampunya

BACA JUGA:Ini Alasan Mengapa Dianjurkan untuk Konsumsi Telur Rebus Setengah Matang, Nutrisi Lebih Banyak?

Daun suji juga dapat meredakan gejala syok anafilaktik. Syok anafilaktik merupakan gejala reaksi alergi berat dan mengancam jiwa. Salah satu penyebabnya ialah respons berlebihan sistem imun tubuh terhadap suatu senyawa dan dapat dibaratkan ketika ingin mengomsumsi makanan atau obat-obatan yang tidak disukai.

Gejala ini biasanya ditandai dengan sulit bernapas, rasa pusing, wajah membengkak, sampai kehilangan kesadaran. Kandungan flavonoid pada daun suji dipercaya mampu meredakan gejala syok anafilaktik. Namun, uji klinis lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan efektivitasnya sebab penelitian ini hanya dilakukan dengan beberapa jenis hewan saja.

5. Meredakan nyeri haid

Jika anda mengalami nyeri ketika haid, maka daun suji dipercaya efektive untuk meredakan nyeri ketika haid. Nyeri haid biasanya disebabkan oleh meningkatnya hormon prostaglandin  selama haid berlangsung. Hormon tersebut menjadi salah satu pemicu kontraksi otot rahim dan dapat menimbulkan peradangan dan nyeri haid.

BACA JUGA:Jeonnam Menang Lawan Gimcheon, Asnawai jadi Starter di Liga Korea tersebut

BACA JUGA:Wow! Ternyata Ada Pantai Tersembunyi di Empat Lawang Sumsel

Namun,  kandungan senyawa saponin pada daun suji dipercaya mampu mengurangi nyeri saat haid. Cukup merebus 20 gram sebanyak 1 gelas daun suji segar dalam sehari untuk meredakan nyeri haid apabila anda ingin mendapatkan khasiat daun suji.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber