Wuling Cloud EV Kembali Jawara, Buktikan Kepopulerannya di Pasar Mobil Listrik

Wuling Cloud EV Kembali Jawara, Buktikan Kepopulerannya di Pasar Mobil Listrik

Wuling Cloud EV Kembali Jawara, Buktikan Kepopulerannya di Pasar Mobil Listrik--Foto: [email protected]

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Penjualan kendaraan listrik pada April 2024 diperkirakan mengalami penurunan, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia. Berdasarkan total penjualan (pabrik ~ konsumen) pada April 2024, kendaraan listrik yang terdistribusi sebanyak 1.819 unit. Ini merupakan penurunan produksi sebesar 15% menjadi 2.140 unit pada Maret 2024.

Kendaraan listrik terlaris April 2024 adalah Wuling Cloud EV yang baru saja resmi diluncurkan di Indonesia. Kendaraan listrik ketiga produksi Wuling ini mencatatkan penjualan sebanyak 597 unit. Tempat kedua terbanyak terjual adalah Chery Omoda E5 dengan terjual 410 unit. Selain itu, kendaraan listrik ketiga diraih Wuling yaitu Binguo EV sebanyak 392 unit

Selain itu, Morris Garage 4 EV menduduki peringkat keempat dengan penjualan 209 unit kendaraan. Hyundai Ioniq 5 berada di posisi kelima dengan terjual 51 unit. Morris Garage ZS EV menempati urutan kelima dalam daftar terlaris dengan penjualan awal mencapai 50 unit. Saat ini kendaraan listrik yang didistribusikan di Indonesia masih didominasi oleh pabrikan produsen asal China.

Pencapaian tersebut mengalami penurunan hingga 15 persen, dibandingkan Maret 2024 dengan 2.140 unit.

BACA JUGA:Tesla Ketar-Ketir? Hyundai dan Kia Siap Melawan di Pasar Mobil Listrik AS

Mobil listrik terlaris pada April 2024 diraih oleh Wuling Cloud EV yang baru saja dirilis resmi di tanah air. Mobil listrik ketiga besutan Wuling itu menorehkan angka penjualan sebanyak597 unit.

Di posisi terlaris kedua diisi oleh Chery Omoda E5 dengan total penjualan 410 unit. Kemudian terlaris ketiga kembali diraih mobil listrik besutan Wuling, yakni Binguo EV sebanyak 392 unit.

Selanjutnya, posisi keempat ditempati Morris Garage 4 EV, karena berhasil menjual 209 unit kendaraan. Datang dari pabrikan Korea Selatan, Hyundai Ioniq 5 harus puas berada di posisi kelima dengan penjualan sebanyak 51 unit.

Morris Garage ZS EV dengan pengukuhan angka mencapai 50 unit masuk ke daftar terlaris kelima. Sejauh ini, mobil listrik yang beredar di tanah air masih didominasi pabrikan asal Tiongkok

Hasil penjualan Wuling sejalan dengan tren penjualan wholesales mobil listrik nasional yang mencapai 9.729 unit pada Januari-Mei 2024. Angka ini melonjak 109,68% year on year (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yaitu 4.640 unit.


Wuling Cloud EV Kembali Jawara, Buktikan Kepopulerannya di Pasar Mobil Listrik--foto: Instagram@carsentrum

Capaian Wuling cukup dipengaruhi oleh bertambahnya model yang dipasarkan pabrikan China tersebut. Saat ini, Wuling menjual Air ev, BinguoEV, dan Cloud EV di Indonesia. Adapun BinguoEV menjadi kontributor utama penjualan mobil listrik Wuling dengan penjualan sebesar 3.542 unit hingga Mei 2024.

Sales and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani percaya diri penjualan Wuling akan terus meningkat. Selain memanfaatkan momentum pameran otomotif, seluruh mobil listrik Wuling juga mendapat insentif PPN 1% dari pemerintah, sehingga menambah daya tarik bagi calon konsumen.

"Kami memberi berbagai benefit yang dapat dirasakan oleh konsumen mobil listrik Wuling," ujar Dian, Selasa (18/6).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber