Siapa Juaranya? Membongkar 3 Produsen Mobil Terbesar di Dunia

 Siapa Juaranya? Membongkar 3 Produsen Mobil Terbesar di Dunia

Siapa Juaranya? Membongkar 3 Produsen Mobil Terbesar di Dunia--Foto: @JHVEFotoStok Adobe

Ford Motor Company melihat apa yang dilakukan General Motors dengan akuisisi seperti Pontiac, Oldsmobile, dan Buick. Tanggapan Ford terhadap strategi ini adalah dengan membeli Lincoln Motor Company pada tahun 1922.

Mereka menindaklanjutinya dengan penciptaan merek Mercury pada tahun 1939. Diperlukan waktu hingga tahun 1990 sebelum Ford melakukan akuisisi berikutnya atas Jaguar Cars dan Aston Martin di 1994. 

Chrysler Dulu, Stellantis Sekarang!

Walter Chrysler mengambil alih Maxwell Motor Company dan mengubahnya menjadi Chrysler Corporation pada tahun 1925. Bagi Anda yang belum tahu, Maxwell Motor Company adalah salah satu pesaing utama General Motors dan Ford Motor Company sebelum mereka terlilit hutang. Pada tahun 1998, Chrysler diakuisisi oleh Daimler-Benz dan diubah namanya menjadi DaimlerChrysler.  

Maju cepat ke tahun 2007, dan Daimler meninggalkan Chrysler Group untuk diubah namanya menjadi Chrysler Group LLC pada tahun 2009. Meskipun mereka membuat mobil lagi, pembuat mobil ini selalu merupakan pengambilalihan dan akuisisi.

Begitu saja, Fiat SpA memasuki bingkai dan mengakuisisi perusahaan tersebut. Namun rebadging lainnya mengubah nama sekali lagi menjadi Fiat Chrysler Automobiles (FCA) pada tahun 2014. 

BACA JUGA:Mbappe Cedera, Perancis Menang 1-0 Lawan Austria di Laga Grup D Euro 2024 

Namun, ini adalah akuisisi terakhir. Chrysler tetap dikenal sebagai FCA hingga tahun 2021. Dengan bergabungnya grup FCA dengan grup Peugeot Societe Anonyme (PSA) pada tahun 2021, merek tersebut sepenuhnya diubah namanya menjadi bintang. Saat ini, Chrysler melanjutkan operasinya dengan nama Stellantis Amerika Utara. 

Siapakah Tiga Besar Produsen Mobil?

General Motors, Ford, dan Stellantis secara kolektif dikenal sebagai tiga produsen mobil terbesar di Amerika Serikat. Meskipun kata tersebut berasal dari Amerika Serikat, kini kata tersebut menjadi istilah umum yang digunakan untuk menyebut tiga produsen kendaraan bermotor terbesar. Akibatnya, tiga besar produsen mobil akan berbeda di setiap negara. 

Misalnya, General Motors, Ford, dan Stellantis tidak memiliki kehadiran yang besar di pasar seperti Jepang. Oleh karena itu, tiga besar pembuat mobil Jepang semuanya adalah pabrikan Jepang – Honda, Nissan dan Toyota. Tiga besar produsen mobil Jerman sekali lagi berbeda – Volkswagen Group, Grup Mercedes-Benz dan BMW. 

Tiga besar produsen mobil juga tidak bersifat permanen dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika sebuah produsen mobil menjadi lebih besar dari salah satu dari tiga produsen mobil besar yang ada, maka hal tersebut akan mengguncang tiga besar produsen mobil saat ini dan menciptakan produsen mobil baru.  

Apa Detroit Tiga Itu?

Detroit Three terkadang digunakan secara bergantian dengan istilah tiga besar pembuat mobil untuk mendefinisikan tiga pembuat mobil terbesar di Amerika Serikat. Jika Anda bertanya-tanya mengapa Detroit disebutkan dalam nama alternatif ini, itu adalah hubungan “Kota Motor” yang kami sebutkan sebelumnya! 

Detroit juga dikenal sebagai Kota Motor karena merupakan rumah bagi tiga produsen mobil terbesar. Kantor pusat General Motors berada di Renaissance Center, Detroit. Ford berkantor pusat di Dearborn, pinggiran kota Detroit di Michigan. Kantor pusat Stellantis Amerika Utara terletak di Kantor Pusat dan Pusat Teknologi Dunia Chrysler, Auburn Hills, pinggiran kota Detroit lainnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber