Siapa Juaranya? Membandingkan Keunggulan Horsepower dan Torsi di Berbagai Kondisi

Siapa Juaranya? Membandingkan Keunggulan Horsepower dan Torsi di Berbagai Kondisi

Siapa Juaranya? Membandingkan Keunggulan Horsepower dan Torsi di Berbagai Kondisi--Foto: flickr.com@Don McCullough

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Anda mungkin pernah mendengar seseorang berkata, "Kekuasaan membeli mobil dan memenangkan perlombaan." Sederhananya, torsi melambangkan gaya dan tenaga melambangkan kecepatan.

Keduanya sangat penting dan yang satu lebih baik dari yang lain. Blog perbandingan tenaga kuda dan torsi ini akan membantu Anda memahami cara kerja kedua besaran fisika ini.

Apa itu Tenaga Kuda?

Daya adalah satuan ukuran daya. Begitulah cepatnya menyelesaikan pekerjaan. Jadi, sebelum abad ke-19, sebelum ditemukannya mesin untuk membantu pekerjaan manual, jenis kuda tertentu digunakan untuk membantu pengerjaan kayu dan pertanian.

Kuda jenis ini disebut kuda penarik. Sangat kuat dan bertenaga, mereka dapat menarik tiga hingga empat kali berat badannya sendiri.

Di Skotlandia, pada akhir abad ke-19, ada seorang ilmuwan brilian bernama James Watt. Versi perbaikan dari mesin Newcomen sedang dikembangkan. Pada tahun 1769, ia menerima paten untuk perangkat mekanisnya yang cerdik. 

BACA JUGA:Strawberry Cheese Pudding Pilihan Manis yang Sempurna untuk Berbagai Kesempatan

Penemuan ini mengubah jalannya sejarah, membantu dimulainya Revolusi Industri, dan membentuk dunia seperti sekarang ini. Pada awal tahun 1770an, Mr. Watt memiliki banyak perhatian. Ia tahu bahwa sebagian besar orang yang menggunakan mesin uapnya akan menggantikan pekerjanya dengan mesin ini.

Jadi, sebagai kompensasinya, untuk memudahkan memahami seberapa besar tenaga yang dihasilkan mesinnya, Watt menciptakan kata horsepower. James Watt menggunakan kata tenaga kuda untuk menggambarkan mesin uap yang dapat menggantikan tenaga kuda.

Bagaimana Watt Menghasilkan Tenaga Kuda?

James Watt mengamati kuda penarik untuk membuat tenaga mesin uapnya sebanding dengan tenaga kuda yang dihasilkan. Dari penelitiannya yang dilakukan dengan beberapa kuda, ia menemukan bahwa rata-rata seekor kuda akan menghasilkan 33,000 kaki-pon (44,742 J) per menit, yang setara dengan 745.70 watt.

Selanjutnya, tenaga kuda telah menjadi dasar untuk mengetahui seberapa besar tenaga yang dihasilkan suatu mesin. Dari motor treadmill 3hp hingga W1500 Chiron 12 hp, horsepower membantu kita memahami tenaga yang dihasilkan.


Siapa Juaranya? Membandingkan Keunggulan Horsepower dan Torsi di Berbagai Kondisi--foto: flickr.com@Meena Kadri

Apakah Satu Tenaga Kuda Sama dengan Satu Kuda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber