Siapa Juaranya? Membandingkan Keunggulan Horsepower dan Torsi di Berbagai Kondisi

Siapa Juaranya? Membandingkan Keunggulan Horsepower dan Torsi di Berbagai Kondisi

Siapa Juaranya? Membandingkan Keunggulan Horsepower dan Torsi di Berbagai Kondisi--Foto: flickr.com@Don McCullough

Setiap kuda berbeda, dan jumlah energi serta kekuatan yang dikembangkannya pun berbeda. Beberapa kuda mampu menghasilkan tenaga kuda puncak hingga 14.9 maks dalam waktu singkat. Rata-rata, kuda dapat menghasilkan 5-7 tenaga kuda untuk jangka waktu yang lebih lama.

Berapa Banyak Tenaga Kuda yang Dihasilkan Manusia?

Rata-rata orang sehat dapat menghasilkan 1.2 hp dalam waktu singkat dan mempertahankan 0.1 hp dalam jangka waktu yang sangat lama. Seorang atlet dapat menghasilkan hingga 2.5 hp untuk durasi singkat dan mempertahankan 0.35 hp selama beberapa jam. Usain Bold, dalam sprint rekor dunianya tahun 2009, menghasilkan output puncak 3.5 hp untuk mencapai 100m dalam 9.58 detik.

Apa itu Torsi?

Torsi adalah gaya rotasi yang diterapkan pada suatu benda. Misalnya, saat Anda menggunakan kunci pas untuk mengencangkan baut, gaya yang diterapkan pada baut disebut torsi. Semakin kuat Anda menekan kunci pas, semakin besar torsi yang diterapkan pada baut.

Anda dapat meningkatkan torsi hanya dengan memanjangkan kunci pas dan meningkatkan daya ungkit. Dengan menambah panjangnya, Anda mendapatkan lebih banyak torsi saat Anda menerapkan gaya yang sama.


Siapa Juaranya? Membandingkan Keunggulan Horsepower dan Torsi di Berbagai Kondisi--foto: Wikimedia Commons

Horsepower vs Torsi dalam Mobil

Tenaga putaran

Torsi adalah gaya putaran yang dihasilkan oleh mesin mobil dan ditransfer ke roda. Torsi dihasilkan dari gerakan empat langkah piston dan poros engkol, yang kemudian disalurkan ke roda melalui transmisi dan drive train. Torsi memberikan “kekuatan tarik” mobil. Torsi inilah yang membuat mobil Anda bergerak dari posisi diam atau membantu menarik beban berat.

Torsi yang lebih besar berarti akselerasi yang lebih cepat jika bobotnya tetap sama. Misalnya, mobil berbobot satu ton akan berakselerasi dengan cepat jika torsinya ditingkatkan dari 700 menjadi 1000 nm. Sedangkan truk heavy-duty membutuhkan torsi yang lebih tinggi untuk menarik beban berat, termasuk bobotnya.

Torsi yang besar juga menjadi alasan mengapa EV sangat pandai dalam berakselerasi. Motor EV mampu menghasilkan torsi puncak dalam sekejap. Torsi, dalam banyak kasus, langsung dikirim ke roda tanpa memerlukan transmisi tradisional. Itu sebabnya EV membanting kepala Anda kembali ke kursi segera setelah Anda menginjak pedal gas (lihat ironinya, bukan?).

Daya kuda

Meskipun torsi penting, torsi hanya memberikan gambaran sebagian tentang performa kendaraan. Sebab torsi tidak memperhitungkan waktu. Daya adalah kecepatan di mana usaha dilakukan. Jadi, putaran poros engkol atau poros keluaran menghasilkan torsi. Gaya putaran ini diteruskan ke roda sehingga membuat roda berputar.

Usaha yang dilakukan oleh torsi inilah yang sebenarnya menggerakkan kendaraan. Horsepower adalah kecepatan di mana pekerjaan ini dilakukan. Ini adalah ukuran seberapa cepat mesin atau motor dapat menerapkan torsi ke roda untuk mempercepat atau menahan kecepatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber