Apple Watch Dipasang Di Singa : Dokter Akan Pantau Detak Jantung Raja Rimba

Apple Watch Dipasang Di Singa : Dokter Akan Pantau Detak Jantung Raja Rimba

Apple Watch Dipasang Di Singa : Dokter Akan Pantau Detak Jantung Raja Rimba--indian today.com

Apple Watch menggunakan teknologi fotopletismografi untuk mengukur detak jantung. Metode ini didasarkan pada prinsip bahwa darah berwarna merah karena memantulkan cahaya merah dan menyerap cahaya hijau.

BACA JUGA:Jelang Hari Raya Iduladha 1445 H, Warga Serbu Pasar Murah di Halaman Dinas KPTPH OKI

Apple Watch menggunakan lampu LED hijau yang dipasangkan dengan fotodioda sensitif cahaya untuk mendeteksi jumlah darah yang mengalir melalui pergelangan tangan pada waktu tertentu.

Saat jantung berdetak, aliran darah - dan akibatnya penyerapan cahaya hijau - bervariasi. Dengan menyalakan lampu LED-nya ratusan kali per detik, Apple Watch menghitung detak jantung dengan mengukur fluktuasi ini.

Menurut Apple, sensor detak jantung optik di Apple Watch mampu mendukung kisaran 30-210 detak per menit. Untuk meningkatkan akurasi, sensor mengkompensasi tingkat sinyal rendah dengan meningkatkan kecerahan LED dan laju sampling.

Sensor juga dapat menggunakan cahaya inframerah untuk pengukuran detak jantung latar belakang dan pemberitahuan.

BACA JUGA:Si Jago Merah Kembali Beraksi di Kertapati, Rumah Panggung Kayu dan Sepeda Motor Hangus Terbakar!

Selain itu, sensor detak jantung optik dapat menggunakan cahaya inframerah untuk pemantauan detak jantung latar belakang dan pemberitahuan.

Untuk aktivitas seperti latihan dan sesi Breathe, Apple Watch menggunakan lampu LED hijau untuk mengukur detak jantung, menghitung rata-rata berjalan, dan menilai Variabilitas Detak Jantung (HRV).

Perlu dicatat, model-model terbaru seperti Apple Watch Series 4 dan yang lebih baru, serta semua model Apple Watch Ultra, dilengkapi dengan elektroda di Digital Crown dan bagian belakang jam tangan. Elektroda ini dapat mengukur sinyal listrik di seluruh jantung saat digunakan dengan aplikasi Heart Rate atau aplikasi ECG.

Dengan meletakkan jari di Digital Crown, perangkat ini menangkap impuls listrik di seluruh dada, menciptakan sirkuit tertutup antara jantung dan kedua lengan.

BACA JUGA:Perlukah Scaling Gigi Setiap 6 Bulan dan Kenapa Karang Gigi Harus Dibersihkan?

Untuk pembacaan detak jantung yang lebih akurat, pengguna dapat membuka aplikasi Heart Rate dan meletakkan jari mereka di Digital Crown, sehingga memperoleh pengukuran setiap detik. Aplikasi ECG, yang tersedia di beberapa wilayah, juga dapat digunakan untuk mengambil elektrokardiogram, memberikan gambaran rinci tentang kesehatan jantung.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indian today.com