Bisa Bikin Merem Melek, Nanas Kriuk Inovasi Petani Prabumulih

Bisa Bikin Merem Melek, Nanas Kriuk Inovasi Petani Prabumulih

Kripik Sekance, kripik nanas produksi Kelompok Tani Karya Muda, Prabumulih, Sumatera Selatan.-Benny Firdaus-PALTV

Keripik nanas yang kandungan minyaknya sudah berkurang didinginkan terlebih dahulu untuk dibungkus dan siap dipasarkan.

Siska Antoni Ketua Kelompok Tani Karya Muda mengatakan, keripik nanas Sekance yang dibuat berasal dari buah nanas segar tanpa bahan-bahan lain. Produk asli Desa Karang Jaya ini diberi nama Sekance yang artinya sahabat.

"Keripik Sekance ini kita buat dari nanas asli Prabumulih dan untuk saat ini dibuat keripik nanas original tanpa bahan-bahan tambahan atau varian rasa lainnya," ujar Ateng sapaan akrabnya.

Pria yang berhasil mendapat penghargaan Young Ambassador Kementerian Pertanian RI Melalui BPSDMP dengan Program Yes 2023 menambahkan, bahan baku keripik dari nanas-nanas pilihan yang diperlakukan spesial dari tanam sampai menjadi keripik.

BACA JUGA:Warga Resah Tanah Desa Terus Digarap Oknum, Diduga Dijaga Preman Bayaran

BACA JUGA:Tak Anggap Enteng, Provinsi Sumatera Selatan Terapkan Kurikulum Pelestarian Gambut di Sekolah


Siska Antoni, Ketua Kelompok Tani Karya Muda.-Benny Firdaus-PALTV

Untuk menemukan resep yang cocok di lidah, kelompok tani yang dibina Ateng ini membutuhkan waktu riset sekitar enam bulan.

Dalam sehari Kelompok Tani Karya Muda mampu produksi 100 sampai 150 bungkus keripik nanas Sekance. Terbatasnya alat masak yang hanya mampu menampung 5-6 kilogram nanas menjadi kendala pihaknya untuk memproduksi keripik secara massal.


Keripik nanas Sekance siap dipasarkan.-Benny Firdaus-PALTV

"Kalau per hari kita saat ini baru mampu memproduksi 100-150 bungkus, kapasitas mesin kita belum kapasitas yang besar, itu yang menjadi kendala," ungkap Ateng seraya mengatakan harga per bungkus Rp15.000.

Apabila anda tertarik melihat bagaimana cara pembuatan keripik nanas yang di dalamnya terkandung mineral dan vitamin yang baik bagi tubuh, terutama pada kandungan vitamin A dan vitamin C, anda bisa datang langsung ke Pusat Agrowisata Nanas Desa Karang Jaya, yang berjarak 10 kilometer dari pusat Kota Prabumulih.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv