Mobil Bekas Jadi Primadona, Saat Harga Mobil Baru Melambung Tinggi

 Mobil Bekas Jadi Primadona, Saat Harga Mobil Baru Melambung Tinggi

Mobil Bekas Jadi Primadona, Saat Harga Mobil Baru Melambung Tinggi-@azerbaijan_stockers-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Persaingan di pasar mobil bekas semakin ketat seiring dengan meningkatnya jumlah perusahaan yang berlomba-lomba memperebutkan pangsa pasar yang besar di segmen bisnis ini.

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) optimistis terhadap peningkatan harga dan penjualan mobil bekas menjelang perayaan lebaran. MPMX berencana memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan kinerjanya.

Menurut General Manager Corporate Communication & Sustainability Mitra Pinasthika Mustika, Natalia Lusnita, tren penjualan mobil bekas melalui Auksi menunjukkan kenaikan yang signifikan sejak November hingga Desember 2023.

Dia juga menyebutkan bahwa ada indikasi peningkatan harga dan penjualan pada Januari hingga Februari 2024, terutama karena mendekati perayaan lebaran. Untuk menanggapi permintaan yang meningkat, MPMX telah meningkatkan jumlah stok unit untuk bulan Februari.

BACA JUGA:Jaring Bibit Atlet Muda, Pemkot Palembang dan Kemenpora Gelar Kejuaraan Tarkam

Natalia juga menekankan bahwa pasar mobil bekas masih menawarkan peluang besar dan tetap diminati oleh masyarakat. Ini tidak hanya karena beberapa orang memilih mobil bekas karena pertimbangan finansial, melainkan juga karena nilai yang diberikan oleh mobil bekas tersebut, terutama dalam hal depresiasi.

Sementara itu, PT Blue Bird Tbk (BIRD) juga berencana untuk meningkatkan penjualan mobil bekas. Pada Agustus 2023, perusahaan transportasi ini memperluas lini bisnisnya dengan meluncurkan BirdMobil, yang berfokus pada jual-beli mobil bekas.

VP Used Car Blue Bird, Hery Sugiarto, mengatakan bahwa perusahaan menawarkan mobil bekas berkualitas dengan harga yang kompetitif. Hingga saat ini, harga pasar mobil bekas masih relatif stabil, menurutnya. 

Dia juga mencatat bahwa bisnis mobil bekas meningkat sekitar 10% pada tahun 2023, menurut data Gaikindo, yang mendorong Blue Bird untuk optimis terhadap pertumbuhan penjualan di lini bisnis ini.

Blue Bird juga telah memperkenalkan layanan end-to-end car ownership services melalui BirdMobil, serta memperluas pilihan mobil bekas dengan memperkenalkan Toyota Transmover dan Camry, untuk meningkatkan kenyamanan penumpang dan pengemudi nantinya.


Mobil Bekas Jadi Primadona, Saat Harga Mobil Baru Melambung Tinggi-@storyset-freepik

Dalam mengantisipasi peningkatan penjualan menjelang musim mudik, Blue Bird siap mengoptimalkan penjualan unit di lini bisnis mobil bekas.

Selain perusahaan transportasi, Agen Pemegang Merek (APM) otomotif juga mulai memasuki bisnis mobil bekas. Contohnya adalah PT Honda Prospect Motor (HPM) yang telah membuka beberapa dealer mobil bekas bersertifikasi di beberapa kota.

Sales & Marketing and After Sales Director Honda Prospect Motor, Yusak Billy, mengatakan bahwa tren harga mobil bekas selalu bergantung pada kondisi pasar, permintaan konsumen, dan kualitas produk itu sendiri. Menurutnya, semakin baik merek dan kualitas produknya, semakin terjaga nilai jual kembali dan harga mobil bekasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: