Malam Anugerah Paralegal Justice Award Tahun 2024, Kades dan Lurah di Sumatera Selatan Raih 15 Penghargaan

Malam Anugerah Paralegal Justice Award Tahun 2024, Kades dan Lurah di Sumatera Selatan Raih 15 Penghargaan

Kades dan Lurah di Sumatera Selatan raih 15 penghargaan pada Malam Anugerah Paralegal Justice Award Tahun 2024, Sabtu (1/6/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

JAKARTA, PALTV.CO.ID - Mewakili Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Ika Ahyani Kurniawati, menghadiri acara Malam Anugerah Paralegal Justice Award Tahun 2024 di Hotel Bidakara Jakarta pada hari Sabtu, 1 Juni 2024.

Anugerah Paralegal Justice Award merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Paralegal Justice Award memberikan penghargaan kepada Kepala Desa dan Lurah yang telah berperan aktif dalam menyelesaikan konflik permasalahan hukum yang timbul di kalangan warga masyarakat (Non Litigation Peacemaker).

Selain itu, Paralegal Justice Award juga diberikan untuk kategori Anubhawa Sasana Jagaddhita, yaitu Desa dan Kelurahan yang layak investasi peningkatan sektor pariwisata dan pembukaan lapangan kerja.

BACA JUGA:Paralegal Justice Award 2024, Kemenkumham Sumsel Kirim 12 Lurah dan Kades Terbaik

Mengawali rangkaian kegiatan, dimulai dengan upacara bendera yang sekaligus memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni di BPSDM Kemenkumham RI.

Bertindak selaku Pembina Upacara adalah Kepala BPHN Prof Dr Widodo Ekatjahjana. Peserta Upacara Bendera dari seluruh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadivyankumham) dan Kepala Bidang Hukum se-Indonesia, serta semua peserta Paralegal Justice Award 2024.

Kemudian, Kepala BPHN Prof Dr Widodo Ekatjahjana membuka langsung Malam Anugerah Paralegal Justice Award Tahun 2024.

Kepala BPHN Prof Dr Widodo Ekatjahjana dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Paralegal Justice Award sudah berhasil membuat keadaan Desa dan Kelurahan tertib hukum, aman, dan masyarakatnya sadar terhadap hukum melalui perannya sebagai “Hakim Perdamaian”.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Siapkan Penjaringan Calon Paralegal untuk Justice Award


Desa Serasan Jaya di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dan Kelurahan Nikan Jaya di Kota Lubuklinggau, mendapatkan penghargaan Anubhawa Sasana Jagaddhita, Sabtu (1/6/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

"Pada malam ini, BPHN menganugerahkan penghargaan Non Litigation Peacemaker, Anubhawa Sasana Jagaddhita, dan Anugerah Paralegal Justice Award,” ujar Kepala BPHN Prof Dr Widodo Ekatjahjana.

Kepala BPHN Prof Dr Widodo Ekatjahjana mengungkapkan, 300 peserta yang dinyatakan lolos adalah keterwakilan dari 33 Provinsi, 178 Kabupaten/Kota, dan 263 Kecamatan, yang terdiri dari 180 Kepala Desa dan 120 Lurah.

Kepala BPHN Prof Dr Widodo Ekatjahjana selanjutnya menjelaskan bahwa dari 300 peserta, yang mendapat Anugerah Paralegal Justice Award 2024 sejumlah 50 orang. Sedangkan yang mendapat Non Litigation Peacemaker adalah 292 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: