Waspada! Air dan Kelembapan Musuh Utama Cat Tembok Anda, Ini Alasannya

Waspada! Air dan Kelembapan Musuh Utama Cat Tembok Anda, Ini Alasannya

Waspada! Air dan Kelembapan Musuh Utama Cat Tembok Anda, Ini Alasannya-@yogiermansyah22_gbr1-freepik

Hal ini memperpanjang waktu yang dibutuhkan cat untuk mengering sepenuhnya, sehingga memberikan lebih banyak kesempatan bagi air atau kelembaban untuk meresap ke dalam lapisan cat dan merusak ikatannya.

Cara Mengatasi Masalah

Mengutip dari gebyarproperty.com, Mengatasi masalah cat yang lepas akibat air atau kelembaban memerlukan pendekatan yang hati-hati dan terencana. Beberapa langkah yang dapat diambil antara lain adalah:

Memilih cat yang sesuai dengan kondisi lingkungan tempat cat akan diterapkan. Misalnya, menggunakan cat tahan air atau tahan kelembaban untuk area-area yang rentan terkena air atau kelembaban tinggi.


Waspada! Air dan Kelembapan Musuh Utama Cat Tembok Anda, Ini Alasannya-freepik-freepik

Memastikan permukaan yang akan dicat dalam kondisi kering dan bersih sebelum aplikasi cat dilakukan. Hal ini membantu mencegah penyerapan air atau kelembaban ke dalam lapisan cat.

Menggunakan primer atau pelapis khusus yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan cat terhadap air atau kelembaban.

Melakukan perawatan rutin dan perbaikan segera jika terjadi kerusakan pada lapisan cat, untuk mencegah masalah yang lebih serius di kemudian hari.

1. Dinding Terkelupas Karena Kotor dan Berminyak

Tembok yang kotor dan juga berminyak memang dapat menyebabkan dinding mudah terkelupas. Apabila rumah Anda mengalami hal yang sama sebaiknya dalam proses pengecatan ulang rumah Anda, pastikan dulu bahwa tembok sudah benar-benar bersih dari segala jenis kotoran yang menempel di permukaan dinding tembok.

Selanjutnya sebelum mengaplikasikan cat baru lakukan pengaplikasian primer menggunakan Super Cement yang tujuannya untuk mengikat sisa debu dan kotoran yang masih menempel, menutup retak rambut, dan meningkatkan daya lekat cat dengan tembok.

BACA JUGA: Begini Kehidupan Cristian Gonzales (El Locco), Eks Pemain Timnas Indonesia yang Berjaya di Tanah Air

2. Dinding Terkelupas Karena Tidak Membersihkan Cat Lama

Saat Anda mengaplikasikan cat baru agar dinding tidak mengelupas mungkin Anda tidak membersihkan cat lama yang tidak berkualitas sehingga membuat cat baru akan mudah mengelupas.

Sangat disarankan sebelum Anda memulai pengaplikasian cat baru untuk mengatasi cat dinding yang mengelupas, sebaiknya bersihkan dahulu cat lama dengan sempurna sehingga benar-benar tidak ada lagi lapisan cat lama yang menempel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: