Inilah Deretan Kota Tertua di Dunia yang Punya Sejarah Nilai Peradaban Manusia

Inilah Deretan Kota Tertua di Dunia yang Punya Sejarah Nilai Peradaban Manusia

Tembok Jericho.--pixabay.com/palestineupdate

PALEMBANG PALTV.CO.ID - Beberapa Kota di dunia ini memiliki bukti peradaban masyarakat di masa lampau seperti peninggalan kuno dan artefak.  Kehidupan dan aktivitas mereka tidak akan hilang termakan waktu sebab mereka banyak meninggalkan berbagai jenis sejarah artefak kuno yang telah direkam aktivitasnya.  

Beberapa aktivitas dan kehidupan telah terekam dalam peninggalan sejarah atau artefak kuno yang dapat di lihat dari keberadaan kota-kota kuno dan tercatat dalam sejarah peradaban manusia

Terdapat beberapa kota kuno yang masih berkembang dengan beberapa sentuhan perkembangan zaman. berikut kota-kota tertua di dunia yang masih aksis sampai hari ini. 

1. Jericho, Palestina 

BACA JUGA:Mengenal Kota Misterius Saranjana, Keajaiban Tersembunyi di Pulau Kalimantan

BACA JUGA:Sumba, Surga Dari Timur Yang Bikin Bangga Indonesia

Kota tertua pertama di dunia ialah Jericho, Palestina. Palestina tercatat memiliki peninggalan peradaban masa lampau. Peninggalan yang ditemukan di kota ini ialah Tembok Jericho dengan ketinggian mencapai 3,6 meter. 

Kota ini diperkirakan telah di bangun dan dihuni sejak 9000 SM. Pasca perang 1967 Jericho sempat berada di bawah pendudukan Israel. Namun seiring berjalannya waktu, kota ini diberikan ke Palestina lewat perjanjian Oslo pada tahun 1993. Jericho menjadi penemuan arkeologi terbesar yang pernah ditemukan di kota ini.

2. Byblos, Lebanon 

Kota tertua di dunia selanjutnya ialah Byblos yang berada di Kota Lebanon. Byblos merupakan kota pelabuhan di kawasan pantai Mediterania yang diperkiran telah dihuni sejak 8800-7000 SM. Saat ini Kota Byblos ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1984. 

BACA JUGA:Alas Purwo, Hutan Indah yang Dikenal Sebagai Kerajaan Alam Goib di Indonesia

BACA JUGA:Mengintip Pesona Alam Negeri Diatas Awan di Dieng Wonosobo, Jawa Tengah

Pada era Mesir kuno, Byblos disebut juga dengan Jubayl pada era mesir kuno, sebab kota ini menjadi pusat perdagangan utama yang mengekspor kayu cedar ke Mesir.

3. Fayoum, Mesir (sudah dihuni manusia sejak 7200 SM)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kids.grid.id/amp/473616563/7-kota-tertua-di-dunia-rumah-bagi-peninggalan-artefak-peradaban-manusia?page=all