Pilih Cerdas! Memahami Perbedaan Fitur ABS dan CBS pada Motor Honda Vario 160 Sebelum Membeli

Pilih Cerdas! Memahami Perbedaan Fitur ABS dan CBS pada Motor Honda Vario 160 Sebelum Membeli

Pilih Cerdas! Memahami Perbedaan Fitur ABS dan CBS pada Motor Honda Vario 160 Sebelum Membeli--Foto: Instagram@ vario160holic

Penggunaan ABS atau CBS pada Vario 160

Penggunaan ABS atau CBS pada Vario 160 mempunyai kelebihan dan kekurangan masing- masing. Keuntungan menggunakan Vario 160 ABS adalah meningkatkan keselamatan dan stabilitas dengan mencegah ban terkunci saat terjadi kecelakaan. Namun harga Vario 160 ABS lebih mahal.

Sedangkan Vario 160 CBS memiliki performa pengereman yang lebih baik, namun tidak memiliki fungsi anti-tilt lock seperti ABS. Keputusan untuk memilih antara Vario 160 ABS dan CBS harus dibuat berdasarkan kebutuhan dan preferensi individu.

Perbedaan Vario 160 ABS dan CBS

Berikut beberapa perbedaan Honda Vario 160 ABS dan CBS yang disampaikan komunitas Astra Honda.

1. Perbedaan sistem rem

Perbedaan paling kentara antara Vario 160 ABS dan CBS tentu saja pada sistem remnya. ABS (Anti-lock Braking System) merupakan fitur pintar yang mencegah roda terkunci saat pengereman keras.

Bayangkan harus pecah secara tiba-tiba saat hujan deras. ABS mencegah roda sepeda motor Anda terkunci, membuat sepeda motor Anda lebih mudah dikemudikan dan dikendalikan.


Pilih Cerdas! Memahami Perbedaan Fitur ABS dan CBS pada Motor Honda Vario 160 Sebelum Membeli--foto: Instagram@its_blackdarwin

Sedangkan CBS (Combi Brake System) memiliki fungsi pengereman yang secara otomatis mengerem kedua roda (depan dan belakang) hanya dengan menarik tuas rem belakang. Tipe ini sangat cocok untuk pemula atau yang belum terbiasa dengan teknik auto tuning.

2. Berat Bodi yang Berbeda

Bobot bodi berbeda, model Vario 160 ABS dan CBS juga memiliki bobot dan sistem rem yang berbeda. Vario 160 ABS memiliki bobot 117 kg, Vario 160 CBS sekitar 115 kg, lebih ringan 2 kg dibandingkan seri ABS.

3. Fitur Ekstra yang Lebih "Wah"

Nah, selain fitur pengereman, ada sedikit perbedaan lain yang perlu kamu perhatikan. Vario 160 ABS biasanya dilengkapi dengan emblem 3D yang bikin tampilannya lebih mewah.

4. Pilihan Warna Vario 160 ABS dan CBS yang Unggul Masing-masing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber