Ford Mustang Dark Horse: Menghidupkan Kembali Kejayaan Muscle Car V-8

Ford Mustang Dark Horse: Menghidupkan Kembali Kejayaan Muscle Car V-8

Ford Mustang Dark Horse: Menghidupkan Kembali Kejayaan Muscle Car V-8 --Foto : tangkapan layar motor1.com

Lantas, apa itu Dark Horse? Secara sederhana, Dark Horse adalah varian Mustang 5.0-liter V-8 dengan tenaga alami paling kuat yang pernah dibuat, dan versi paling fokus untuk lintasan balap yang bisa Anda beli saat ini.

Mesin 5.0-liter Coyote menghasilkan 500 tenaga kuda dan 418 pound-feet torsi ke roda belakang. Anda dapat memilih antara transmisi manual enam kecepatan atau otomatis sepuluh kecepatan, dan mobil ini hanya membutuhkan waktu sekitar empat detik untuk mencapai 60 mil per jam.

Meskipun demikian, akselerasi Dark Horse dari posisi diam tidak seagresif BMW M2 atau Nissan Z Nismo, meskipun waktu 0-60 mereka serupa. Ini terutama karena kedua mobil tersebut memiliki induksi paksa yang memberikan tenaga lebih besar pada putaran rendah.

Mustang Dark Horse menunjukkan performa terbaiknya pada putaran tinggi, dengan tenaga maksimum tercapai pada 7.250 rpm dan torsi puncak pada 4.900 rpm. Mobil ini benar-benar bertenaga tinggi dan memberikan sensasi luar biasa saat digeber.

BACA JUGA:Audi RS6 E-Tron: Yang di Ketahui Tentang Sedan Super Listrik 805 HP

Saat menguji Dark Horse dengan transmisi otomatis sepuluh kecepatan, meskipun transmisi ini cepat dan responsif, rasanya kurang selaras dengan karakter mesin V-8 yang bertenaga.

Mobil ini seolah meminta untuk dioperasikan dengan transmisi manual, yang memungkinkan pengemudi merasakan sepenuhnya getaran mesin V-8.

Meski begitu, Dark Horse tetap menjadi Mustang paling gesit sejak Shelby terakhir. Suspensi MagneRide menghilangkan sensasi mengambang yang ada pada model EcoBoost dan GT standar.

Meskipun beratnya mencapai 3,993 pound dengan transmisi otomatis, suspensinya mampu mengendalikan bobot tersebut dengan baik, meminimalkan body roll.

BACA JUGA: 13 Helm Modular Terbaik yang Wajib Kamu Miliki! Pilihan Mana Favoritmu?

Kemudi mobil ini memberikan respons yang baik di tikungan, meskipun terasa agak ringan. Ban Pirelli P Zero standar menawarkan cengkeraman yang cukup untuk penggunaan sehari-hari, namun jika Anda berencana untuk sering membawa mobil ini ke lintasan balap, opsi ban Trofeo RS seharga $4,995 patut dipertimbangkan.

Paket Handling seharga $4,995 juga menawarkan pegas yang lebih kaku, bar anti-roll yang lebih besar, dan sayap belakang dengan Gurney flap terintegrasi untuk meningkatkan performa.

Sebagai mobil harian, suspensi MagneRide memberikan keseimbangan antara kenyamanan dan kemampuan. Meskipun sedikit kaku seperti kebanyakan mobil sport, suspensi ini tidak membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Secara keseluruhan, Dark Horse adalah mobil sport yang surprisingly nyaman dan lebih ramah digunakan sehari-hari dibandingkan BMW M2 atau Nismo.

Kabin Dark Horse juga mengalami peningkatan signifikan. Posisi duduk yang nyaman dan visibilitas yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya membuat pengalaman berkendara menjadi lebih menyenangkan. Kursi Recaro pada trim Premium ini sangat mendukung namun tetap nyaman, meskipun pengaturannya manual demi mengurangi bobot.

BACA JUGA:Memahami Serta Mengatasi Masalah Understeer dan Oversteer Pada Mobil Kesayangan Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: motor1.com