Google Perkenalkan Fitur Deteksi Pencurian Ponsel di Android 15

Google Perkenalkan Fitur Deteksi Pencurian Ponsel di Android 15

Google Perkenalkan Fitur Deteksi Pencurian Ponsel di Android 15--freepik.com

BACA JUGA:Koperasi Simpan Pinjam Budi Sejahtera Abadi Gelar Rapat Anggota Tahunan

Dengan membuat area terpisah dan aman di dalam ponsel, pengguna akan dapat menyembunyikan dan mengunci aplikasi yang berisi informasi pribadi, seperti data kesehatan atau keuangan, memberikan lapisan perlindungan tambahan terhadap pelanggaran data.

Selain itu, Google juga menerapkan persyaratan autentikasi yang lebih ketat untuk mengubah pengaturan perangkat sensitif, seperti menonaktifkan Find My Device atau memperpanjang waktu layar mati.

Pembaruan ini akan memastikan bahwa bahkan jika pencuri berhasil mengakses perangkat, mereka akan memerlukan PIN, kata sandi, atau autentikasi biometrik pemilik untuk melakukan perubahan signifikan, melindungi data dan privasi pengguna.

Perlindungan deteksi pencurian otomatis

BACA JUGA:Oknum PNS Kabupaten Musi Banyuasin Dilaporkan ke Polisi Terkait Dugaan Pelecehan Seksual

Google juga memperkenalkan fitur perlindungan otomatis untuk merespons insiden pencurian ponsel dengan cepat.

Mengenali sifat tak terduga dan penuh tekanan dari kejadian tersebut, fitur-fitur ini dirancang untuk segera melindungi data pengguna saat mendeteksi aktivitas mencurigakan.

Menurut Google, fitur Kunci Deteksi Pencurian menggunakan teknologi AI canggih untuk mengidentifikasi gerakan umum yang terkait dengan pencurian, seperti merebut ponsel dari tangan pengguna dan mencoba melarikan diri.

Jika perilaku seperti itu terdeteksi, layar ponsel akan otomatis terkunci, mencegah akses yang tidak sah ke data sensitif dan meningkatkan langkah-langkah keamanan.

BACA JUGA:8 Modifikasi Injakan Rem Pada Motor Roda Dua: Untuk Kinerja Lebih Mantap

Selain itu, Google juga menambahkan fitur Kunci Perangkat Offline yang bertujuan meningkatkan perlindungan dengan otomatis mengunci layar jika pencuri mencoba memutuskan koneksi ponsel dalam waktu yang lama.

Bahkan ketika perangkat dalam keadaan offline perlindungan tersebut masih bisa dijalankan.

Android juga akan menggunakan algoritma canggih untuk mendeteksi penggunaan yang tidak sah, seperti beberapa upaya autentikasi yang gagal, yang memicu kunci layar secara langsung untuk keamanan tambahan.

Perlindungan setelah ponsel dicuri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indian today.com