6 Tanda Usus Sehat, Pentingnya Menjaga Keseimbangan dalam Tubuh

6 Tanda Usus Sehat, Pentingnya Menjaga Keseimbangan dalam Tubuh

6 Tanda Usus Sehat, Pentingnya Menjaga Keseimbangan dalam Tubuh (2--Foto : Freepik.com/freepik

Masalah kulit seperti jerawat, eksim, atau rosacea kadang-kadang dapat dihubungkan dengan ketidakseimbangan mikrobiota usus. Mengonsumsi prebiotik dan probiotik serta menjaga pola makan yang sehat dapat membantu menjaga keseimbangan ini.

 

6. Mood Stabil dan Tidak Mudah Marah

Kesehatan usus berkaitan erat dengan kesehatan mental. Usus sering disebut sebagai "otak kedua" karena adanya hubungan langsung antara usus dan otak melalui saraf vagus. Mikroba usus menghasilkan sejumlah neurotransmiter, seperti serotonin, yang berperan dalam mengatur suasana hati.

BACA JUGA:Stop Konsumsi Jeruk Khusus Orang Golongan Darah Ini Dilarang Keras Makan Jeuk, Fatal Akibatnya

Usus yang sehat dapat membantu menjaga mood tetap stabil dan mengurangi risiko gangguan kecemasan serta depresi. Menghindari makanan olahan dan gula berlebihan serta mengonsumsi makanan fermentasi dapat meningkatkan keseimbangan mikrobiota usus.

Menjaga kesehatan usus adalah kunci untuk kesejahteraan fisik dan mental secara keseluruhan. Stabilitas berat badan, keteraturan BAB, imunitas yang kuat, rambut yang sehat, kulit yang bersih, dan mood yang stabil semuanya bisa menjadi indikator bahwa usus Anda dalam kondisi baik.

Pola makan yang seimbang, kaya serat, prebiotik, dan probiotik adalah langkah penting dalam memelihara kesehatan usus. Dengan menjaga usus tetap sehat, Anda tidak hanya akan merasa lebih baik secara fisik, tetapi juga akan melihat peningkatan dalam berbagai aspek kehidupan Anda.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber