Tinjauan Sejarah, Jejak Olahraga Tertua di Dunia dari Gulat Hingga Lari

Tinjauan Sejarah, Jejak Olahraga Tertua di Dunia dari Gulat Hingga Lari

Tinjauan Sejarah, Jejak Olahraga Tertua di Dunia dari Gulat Hingga Lari-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Olahraga yang merupakan olahraga tertua di dunia ini merupakan olahraga yang tidak dapat dipisahkan dalam sejarah umat manusia. Olah raga yang disebut atletik ini mencakup banyak aktivitas seperti berlari, melompat, dan melempar.

Ini adalah aktivitas fisik yang sudah ada sejak zaman dahulu kala, ketika manusia pertama kali melakukan bentuk sederhana yang kita kenal sekarang sebagai balapan, lomba lari, lompat jauh, lempar lembing, dan lain-lain.

Sekarang, mari kita pelajari olahraga apa yang tertua di dunia. Daftar olahraga tertua di dunia Olahraga pertama dan tertua di dunia adalah atletik, yang sudah ada sejak zaman Yunani kuno.

Alasan utama mengapa olahraga ini disebut sebagai olahraga tertua adalah karena olahraga ini memiliki akar sejarah yang dalam dan berasal dari zaman kuno.

Pertandingan Olimpiade pertama diadakan di Yunani pada tahun 776 SM di Yunani. banyak peristiwa, termasuk balapan dan perkelahian. Detail selengkapnya ada di bawah.

BACA JUGA:Menuju WBK, 8 Satker Kanwil Kemenkumham Sumsel Siap Ikuti Evaluasi Pembangunan ZI

1. Lari atau Sprint

Cabang olahraga tertua di dunia adalah lari atau joging, yang sudah ada sejak zaman Yunani kuno. Pada Olimpiade pertama tahun 776 SM, lari menjadi salah satu olah raga utama dan dikatakan sebagai awal mula digunakannya lari sebagai olahraga.

Atletik adalah cabang olahraga tertua dan sumber dari berbagai macam olahraga sehingga disebut mother of sport. Berbeda dengan olahraga lain yang memerlukan peralatan khusus, lari merupakan olahraga sederhana yang tidak memerlukan peralatan apa pun. Oleh karena itu, lari dianggap sebagai olahraga paling dasar dan universal.


Tinjauan Sejarah, Jejak Olahraga Tertua di Dunia dari Gulat Hingga Lari-@menguasai1305-freepik

2. Gulat

Salah satu olahraga tertua di dunia adalah gulat, yang konon berusia 15.000 tahun. Bukti paling awal dapat ditemukan pada lukisan gua di Prancis, seperti lukisan gua Lascaux yang berusia 15.300 tahun.

Lukisan ini menunjukkan para pemburu sedang bekerja dan menunjukkan tanda-tanda gulat di masyarakat kuno. Teknik gulat menangkap, melempar, atau mendorong lawan dalam suatu pertarungan merupakan bagian penting dalam sejarah olahraga manusia.

Gulat, yang dianggap sebagai salah satu olahraga tertua di dunia, tercatat dalam sejarah bangsa Sumeria 5.000 tahun yang lalu. Orang Mesir juga menggunakan gulat sebagai olahraga, seperti yang terlihat di makam Beni Hasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber