5 Suku Terasing di Indonesia Ini Nyaris Punah

5 Suku Terasing di Indonesia Ini Nyaris Punah

Suku Tobelo Dalam atau Suku Togutil yang mendiami hutan Sungai Tayawi di Desa Koli Kecamatan Tidore Kepulauan.--instagram.com/@at.bahnan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Keberagaman suku yang dimiliki Indonesia pada dasarnya sudah terkenal luas dan menjadi ciri khas dari negara kita tercinta ini.

Terdapat setidaknya lebih dari seribu suku bangsa yang ada di Indonesia tersebar luas dari Sabang sampai Merauke. Kalian pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar suku-suku besar yang ada di Indonesia seperti suku Batak, Sunda maupun Jawa.

Tentu saja tidak hanya suku-suku besar saja yang mendiami Indonesia ini, tetapi juga masih banyak suku-suku di pedalaman maupun di perairan yang masih menempati beberapa wilayah di Indonesia.

Contohnya saja lima suku di terasing ini yang masih tinggal di Indonesia dan keberadaannya nyaris punah.

BACA JUGA:Suku Rana di Pulau Buru, Suku dengan Karakteristik Tersendiri di Indonesia

BACA JUGA:Mengenal Karakteristik Suku Kajang, Suku Terpencil di Sulawesi Selatan

1. Suku Mante

Beberapa waktu belakangan ini masyarakat dikejutkan dengan beredarnya video sosok misterius di kawasan pedalaman hutan Aceh. Sosok ini sering dikaitkan dengan adanya Suku Mante yang tinggal di pedalaman hutan serta keberadaanya tidak diketahui pasti.

Suku Mante ini sudah menjadi salah satu legenda di daerah Aceh dan sekitarnya. Ukuran tubuh yang kerdil dan kecil sudah menjadi karakteristik khusus dari Suku Mante ini.

2. Suku Samin

BACA JUGA:Tradisi Aneh Suku Mangbetu Bentuk Kepala Seperti Alien

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dalam Suku Korawai dan Kombai yang Jarang Diketahui


Suku Samin atau 'Sedulur Sikep' di Blora, Jawa Tengah.--instagram.com/@blorapedia

Apakah teman-teman pernah mendengar orang Samin yang berjuang mempertahankan tanah adatnya? Suku Samin ini umumnya menetap di Bojonegoro dan Blora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber