Tradisi Aneh Suku Mangbetu Bentuk Kepala Seperti Alien

Tradisi Aneh Suku Mangbetu Bentuk Kepala Seperti Alien

Suku Mangbetu di Afrika Tengah memiliki tradisi memanjangkan kepala sebagai simbol kecantikan dan kekuatan.--instagram.com/@2debtov

PALEMBANG,PALTV.CO.ID- Berbagai belahan dunia mempunyai penduduk dengan suku, ras dan etnis yang berbeda. Mereka juga memiliki tradisi masing-masing. Bagi mereka tradisi merupakan suatu hal yang wajib dilakukan secara turun temurun di setiap kehidupan. Salah satunya tradisi yang ada di Benua Afrika

Benua Afrika merupakan salah satu benua yang memiliki suku tertua di dunia, disini juga banyak suku yang berasal dari keturunan asli Homo Sapiens dan mempunyai DNA yang unik. Salah satunya suku Mangebetu. Dengan penduduk kulit hitamnya suku ini mendiami provinsi Orientale di bagian utara Kong, Afrika Tengah.

Sama halnya sepertri wilayah lain di Afrika, suku inipun mendiami wilayah yang didominasi hutan belantara.  Suku ini bermukim diantara Sungai Ituri dan Uele yang berdekatan dengan kota Poko, Isiro dan Rungu. Ada juga yang menyebut suku Mangbetu, merupakan kelompok etnis Sudan Tengah di Republik Demokratik Kongo.

Suku Mangbetu ini juga merupakan penganut kepercayaan Dewa Kilima atau Noro. Menurut kepercayaan mereka, manusia yang telah tiada dapat dilahirkan kembali dalam bentuk binatang. 

BACA JUGA:Kejaksaan Negeri Muba Amankan 2 Boks Berkas dari Gedung Dinas Perkim

BACA JUGA:Muara Enim Berlakukan Lagi Tilang Manual, Tidak Semua Polantas Boleh Menilang 

Suku ini terkenal memiliki bentuk kepala yang aneh seperti alien. Karena ciri khas ini, suku ini dikenal dengan suku yang memiliki tradisi yang sangat aneh dan menyeramkan. 

Ada satu tradisi suku  ini mempunyai tradisi yang aneh dan menyeramkan. Fakta mengenai tradisi Suku Mangbetu, yakni tradisi Lipombo. 

Tradisi Lipombo adalah tradisi pemanjangan kepala yang dilakukan sejak mereka masih bayi. Bagi mereka semakin panjang tengkorak kepala mereka hal itu menandakan mereka terlihat cantik. Karena tengkorak yang panjang merupakan standar kecantikkan serta kekuasaan pada suku ini. 

Proses pemanjangan kepala ini dilakukan dengan melewati proses yang amat panjang dan menyakitkan. Dimana para orang tua mereka akan mengikat kepala bayi mereka dengan sangat erat menggunakan kain.

BACA JUGA:FC Barcelona Biarkan Jordi Alba Pergi demi Menggaji Pemain Baru?

BACA JUGA:Baca Artikel ini Terutama Untuk Kalian yang Alergi Debu

Proses ini biasanya berlangsung selama 6 bulan bahkan ada yang sampai seumur hidup tetap mengikat kepala mereka untuk memperoleh tengkorak kepala yang Panjang.

Sebagian orang awam pasti akan heran dan bertanya-tanya saat pertama kali melihat masyarakat dari suku Mangbetu ini. Pasalnya semua masyarakat suku ini memiliki kepala yang aneh dan menyeramkan. Kepala mereka berbentuk panjang serta lonjong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber