Ini Alasan Membilas Gigi Setelah Menyikat Tidak Disarankan

Ini Alasan Membilas Gigi Setelah Menyikat Tidak Disarankan

Ini Alasan Membilas Gigi Setelah Menyikat Tidak Disarankan--Foto : cnet.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Jika Anda masih membilas gigi dengan air setelah menyikatnya, mungkin ini saatnya untuk berhenti. Sebenarnya ada beberapa manfaat meninggalkan sedikit pasta gigi pada gigi Anda.

Saya biasa berkumur setelah menggosok gigi – dan bahkan membilasnya kembali dengan sikat gigi basah – untuk menghilangkan sisa pasta gigi yang tertinggal di mulut saya.

Namun kemudian saya mengetahui dari video TikTok seorang dokter gigi bahwa melakukan hal itu bukanlah metode yang paling efektif untuk menjaga gigi Anda tetap dalam kondisi yang baik.

Sebaliknya, saya sekarang memuntahkan pasta gigi sebanyak yang saya bisa tanpa berkumur dengan air, sehingga saya bisa membiarkan pasta gigi bekerja lebih lama. Namun, saya tidak yakin mengapa saya melakukan ini – atau apa manfaatnya – sampai saya berbicara dengan seorang ahli.

BACA JUGA:Benarkah Sikat Gigi Bayi Bisa Digunakan Orang Dewasa Untuk Kesehatan Gigi?.

Saya berbicara dengan Dr. Edmond Hewlett , penasihat konsumen untuk American Dental Association dan seorang profesor di UCLA School of Dentistry, untuk mencari tahu mengapa Anda tidak boleh berkumur dengan air setelah menyikat gigi.

Inilah jawabannya. Untuk tips lebih lanjut, inilah mengapa Anda harus membersihkan gigi dengan benang sebelum menyikat gigi .

 

Mengapa Anda harus melewatkan berkumur dengan air setelah menyikat gigi

Fluorida merupakan bahan penting dalam pasta gigi yang membantu membuat enamel lebih keras dan lebih tahan terhadap asam penyebab gigi berlubang.

Hewlett mengatakan itu adalah bahan paling efektif dalam pasta gigi, jadi pastikan pasta gigi Anda mengandung fluorida. 

BACA JUGA:9 Manfaat Siwak untuk Mulut dan Kesehatan Gigi, Halal Digunakan!

Saat Anda menyikat gigi, Anda membersihkan lapisan film dan bakteri dari makanan dan minuman manis. Jika Anda melangkah lebih jauh dan melewatkan pembilasan, Anda meninggalkan fluorida dari pasta gigi di mulut Anda untuk waktu yang lebih lama, sehingga memberi Anda efek fluorida yang lebih baik.

Tunggu minimal 15 menit setelah menyikat gigi untuk minum air. Setelah menyikat gigi, jelas Hewlett, air liur Anda akan membersihkan pasta gigi sehingga Anda tidak akan merasakannya sepanjang hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cnet.com