Hati-hati! Inilah Golongan Orang yang Shalat Tetapi Amalannya Tidak Diterima, Ini Penjelasannya!

Hati-hati! Inilah Golongan Orang yang Shalat Tetapi Amalannya Tidak Diterima, Ini Penjelasannya!

perlu diwaspadai bahwa ada beberapa golongan orang yang sholat namun amalannya tidak diterima. --Foto : Freepik.com/@rawpixel.com

PALEMBANG,PLATV.CO.ID - Sholat lima waktu adalah kewajiban yang harus dipatuhi oleh umat Muslim. Saat Sholat dilakukan dengan tulus dan hanya mengharapkan keridhaan Allah SWT, maka akan mendapatkan balasan pahala.

Nabi Muhammad SAW bahkan menyatakan bahwa sholat adalah amalan pertama yang akan dihisab oleh Allah SWT di akhirat nanti. Namun, perlu diwaspadai bahwa ada beberapa golongan orang yang sholat namun amalannya tidak diterima. Mengapa hal ini terjadi?

Allah SWT memberikan imbalan pahala atas setiap ibadah yang dilakukan oleh seorang Muslim, termasuk sholat. Ketika sholat dilakukan dengan tulus dan hanya mengharapkan keridhaan Allah SWT, maka akan mendapatkan pahala.

Namun, jika dilakukan semata-mata untuk mendapatkan perhatian manusia, maka Allah SWT akan menolak amal ibadah tersebut.

BACA JUGA:Ini Alasan Seorang Muslim Jaga Lisan! Karena Setiap Perkataan Do'a. Berikut penjelasannya!


Inilah Golongan Orang yang Shalat Tetapi Amalannya Tidak Diterima, --Foto : Freepik.com/@rawpixel.com  

Seperti yang dikutip dalam buku "Membuka Tirai Kegaiban" karya Jalaludin Rakhmat, jika sholat seseorang tidak memberikan kepuasan, kenikmatan, ketentraman, maka besar kemungkinan amal tersebut belum diterima oleh Allah SWT.

Namun, jika sholatnya diterima, maka amal lainnya juga akan diterima, bahkan mungkin dalam bentuk yang tidak terduga.

Meskipun demikian, ada beberapa golongan orang yang sholat namun amalannya tidak diterima. Rasulullah SAW menyebutkan mengenai golongan orang yang sholatnya tidak diterima, seperti yang diriwayatkan dalam Misykat Al-Mashobiih:

"Terdapat tiga kelompok yang sholatnya tidak naik (tidak diterima oleh Allah SWT)walaupun hanya sejengkal dari atas kepalanya. Ketiga golongan tersebut pertama, orang yang menjadi imam di sebuah jamaah namun jamaahnya membencinya. Kedua, istri yang tidur sementara suaminya marah padanya. Ketiga, dua saudara yang saling berdiam diri (memutuskan hubungan)." (HR Ibnu Majah)

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Ini Alasan Mengapa Bulan Syawal Dianjurkan Untuk Menikah, Simak Penjelasannya! 

Sementara itu, dilansir dari laman NU Online, disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah menyebutkan 10 golongan orang yang sholatnya tidak diterima. Sebagaiman Hadits tersebut dijelaskan lebih lanjut oleh Syekh Nawawi Banten dalam karyanya, "Nasha’ihul Ibad",

 

Rasulullah SAW bersabda,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber