Berobat Gratis di Kabupaten Ogan Komering Ulu Bisa Pakai KTP, Ini Caranya!

Berobat Gratis di Kabupaten Ogan Komering Ulu Bisa Pakai KTP, Ini Caranya!

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Deddy Wijaya menyampaikan masyarakat memanfaatkan program berobat gratis pakai KTP, Sabtu (20/4/2024).-Ari Pranika-PALTV

OKU, PALTV.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) terus berupaya untuk memberikan layanan kepada masyarakat dengan baik.

Terutama layanan di bidang kesehatan yang kini terus diperbaiki, agar masyarakat kurang mampu yang belum tercover jaminan kesehatan dapat menikmati berobat gratis.

Berobat pakai KTP (Berkat) menjadi program berobat gratis yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten OKU sejak akhir September tahun 2023 lalu.

Melalui program berobat gratis pakai KTP ini, masyarakat di Kabupaten OKU diberi kemudahan untuk mendapatkan layanan kesehatan.

BACA JUGA:Oknum Kepala Puskesmas Kerta Mukti Diduga Lakukan Malapraktik hingga Korupsi Dana BOK

Syaratnya cuma satu yakni memiliki KTP OKU terutama yang belum tercover dalam jaminan kesehatan seperti BPJS dan JKN.

Untuk bisa memanfaatkan program ini, masyarakat bisa mendatangi langsung fasilitas layanan kesehatan Puskesmas atau Rumah Sakit dan membawa KTP, maka masyarakat bisa berobat gratis.

"Program berobat pakai KTP ini baru diluncurkan pada akhir bulan September tahun 2023 lalu. Tujuannya untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat yang belum dicover jaminan kesehatan lainnya," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Deddy Wijaya pada hari Sabtu, 20 April 2024.

Diakui Deddy Wijaya, pada awal program ini ada beberapa kendala yang dialami masyarakat. Salah satunya yang terkait dengan Surat Keterangan dari Dinas Kesehatan OKU.

BACA JUGA:Warga Keluhkan Masih Banyak Kendaraan Melintas di CFD Kambang Iwak Palembang

Namun, pihaknya telah menyiapkan petugas di Rumah Sakit untuk membantu masyarakat yang membutuhkan Surat Keterangan atau lainnya dengan Dinas Kesehatan OKU.

"Memang awalnya menjadi kendala karena masyarakat harus datang langsung ke kantor Dinas Kesehatan. Namun sekarang sudah ada petugas kita yang ditempatkan di Rumah Sakit sehingga masyarakat lebih mudah lagi," lanjutnya.

Dikatakan Deddy, hingga saat ini sudah ratusan masyarakat yang memanfaatkan program berobat gratis menggunakan KTP sejak diluncurkan tujuh bulan lalu.

Menurutnya ada beberapa kasus atau penyakit yang tidak dicover melalui program ini, seperti kecelakaan, terjatuh dari pohon, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv