Tinjau Museum Balaputera Dewa, Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni ajak masyarakat promosikan museum di S

Tinjau Museum Balaputera Dewa, Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni ajak masyarakat promosikan museum di S

Tinjau Museum Balaputera Dewa, Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni ajak masyarakat promosikan museum di Sumatera Selatan, Rabu (17/4/2024).-Ilham Wahyudi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni pada hari Rabu, 17 April 2024, meninjau beberapa museum yang ada di Kota Palembang. Salah satunya Museum Negeri Sumatera Selatan ‘Balaputera Dewa’ yang terletak di Jalan Srijaya Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-Alang Lebar, Palembang.

Pada kesempatan tersebut, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengatakan di Museum Balaputera Dewa banyak peninggalan-peninggalan (artefak) pada masa lalu.

Di Museum Balaputra Dewa ini juga, pengunjung bisa melihat bagaimana perkembangan budaya, adat, dan perkembangan Sumatera Selatan pada zaman dahulu.

"Hari ini saya berkunjung ke Museum yang ada di Kota Palembang, salah satunya Museum Balaputera Dewa. Di Museum ini banyak sekali peninggalan masa lalu, sejak zaman sebelum Sriwijaya, kemudian zaman Sriwijaya, dan sampai dengan yang terakhir," kata Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni.

BACA JUGA:Bank Sumsel Babel Dukung PALTV dan Siap Sukseskan Event Silaturacemi Series V Competition Pushbike


Berkunjung ke Museum merupakan salah satu cara untuk mengenal Sumatera Selatan melalui sejarahnya dan juga peninggalan-peninggalannya, Rabu (17/4/2024).-Ilham Wahyudi-PALTV

Lebih lanjut Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengatakan, banyak peninggalan (artefak) di Museum baik itu berupa alat-alat kehidupan rumah tangga, perahu, gerabah, keramik, senjata, dan lainnya.

"Jadi seluruh peninggalan ini berasal dari masyarakat yang dikumpulkan kemudian dikaji hingga diketahui sejarahnya seperti apa," terang Agus Fatoni.

Masih dikatakannya, berkunjung ke Museum merupakan salah satu cara untuk mengenal Sumatera Selatan melalui sejarahnya dan juga peninggalan-peninggalannya.

"Saya mengimbau kepada masyarakat yang memiliki barang-barang yang sekiranya bisa diserahkan kepada Museum, agar bisa dirawat dan dipelihara oleh Museum sehingga dapat diketahui oleh masyarakat umum," imbau Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni.

BACA JUGA:Tanggapi Tabrakan Beruntun di Jalan Demang Lebar Daun, Pemkot Palembang Evaluasi Perwali Truk Tonase Besar


Beragam kain masyarakat Sumatera Selatan Koleksi Museum Balaputra Dewa, Rabu (17/4/2024).-Ilham Wahyudi-PALTV

Menurut Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, Museum-museum yang ada di Sumatera Selatan khususnya di Kota Palembang cukup bagus. Hanya saja masyarakat yang kurang mengetahui keberadaan Museum memiliki nilai edukasi dan kaya akan nilai sejarah.

"Oleh karena itu agar Museum ini banyak dikenal juga dikunjungi, mari kita promosikan bersama dan sampaikan kepada masyarakat betapa penting Museum, sehingga masyarat mengetahui sejarah-sejarah penting," tutup Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv