Prakiraan BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Melanda Wilayah Sumatera Selatan!

Prakiraan BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Melanda Wilayah Sumatera Selatan!

Prakiraan BMKG: Waspada potensi cuaca ekstrem yang melanda wilayah Sumatera Selatan, Selasa (16/4/2024).-Hafid Zainul-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, menyampaikan prakiraan cuaca selama sepekan mendatang.

Beberapa wilayah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan diwarnai curah hujan intensitas sedang hingga lebat.

Menurut Kepala Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Siswanto, wilayah di Sumatera Selatan masih berpotensi mengalami cuaca ekstrem.

“Berdasarkan dari analisa dinamika atmosfer terkini, prospek kondisi cuaca sepekan ke depan yang ada di Sumsel, kami memprakirakan bahwa wilayah Sumsel masih diselimuti adanya potensi cuaca ekstrem, berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang diikuti kilat dan petir,” kata Kepala Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Siswanto pada hari Selasa (16/4/2024).

BACA JUGA:Gara-gara Truk Tronton Rem Blong dan Hilang Kendali, 5 Mobil Terlibat Tabrakan Beruntun di Demang Lebar Daun


Siswanto, Kepala Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Selasa (16/4/2024).-Hafid Zainul-PALTV

Kepala Stasiun Metereologi SMB II Palembang Siswanto mengatakan, cuaca ekstrem tersebut dipicu labilitas atmosfer yang terpantau cukup kuat di sejumlah wilayah Provinsi Sumatera Selatan, seperti di Musi Rawas Utara (Muratara), Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Ogan Ilir (OI), hingga Palembang.

“Karena kita melihat dari beberapa pola korvegensi angin saat ini di wilayah Sumsel akan berpotensi cuaca ekstrem adalah Prabumulih, Empat Lawang, Lubuk Linggau, OKU Selatan, termasuk kota Palembang,” tutur Siswanto.

Ditambahkan Siswanto, wilayah Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki dataran tinggi perlu diwaspadai, lantaran berpotensi bencana banjir bandang dan tanah longsor.

“Kita mengetahui beberapa hari terakhir sudah terjadi hujan, tentunya pori-pori tanah sudah mengalami jenuh air, ketika ditambah prospek cuaca masih memiliki potensi yang ekstrem akan berdampak pada hal-hal yang kurang diinginkan,” ucap Siswanto.

BACA JUGA:Antisipasi Kemacetan, Kasatlantas Polres Muara Enim Bersama Polsuska Atur Lalin di Perlintasan Rel Kereta Api

Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaannya dengan senantiasa berhati-hati terhadap dampak bencana hidrometeorologi, up to date dalam mendapatkan informasi cuaca terkini dari BMKG.

“Beberapa antisipasi yang bisa kita lakukan adalah masyarakat bisa update informasi prakiraan cuaca melalui info BMKG maupun beberapa kanal resmi yang dimiliki BMKG, seperti di Stasiun Meteorologi SMB II Palembang dan Info Cuaca Sumsel,” pungkas Kepala Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Siswanto.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv