Sumatera Selatan Berpotensi Hujan Ringan hingga Sedang pada Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah

Sumatera Selatan Berpotensi Hujan Ringan hingga Sedang pada Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah

Sumatera Selatan berpotensi hujan ringan hingga sedang pada Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, Selasa (9/4/2024).-Ekky Saputra-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2024.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Siswanto mengatakan, berdasarkan data analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan bahwa pada saat menjelang salat Idulfitri 1445 Hijriah, prospek cuaca untuk wilayah Palembang sekitarnya diprakirakan cerah berawan hingga hujan intensitas ringan pada pagi hari.

Namun pada siang hingga sore hari diprakirakan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang yang dapat disertai petir atau kilat. Sedangkan pada malam hingga dini hari kondisi cuaca diprakirakan cerah berawan.

"Kami sampaikan bahwa cuaca Kota Palembang berawan hingga berpotensi hujan namun intensitasnya ringan. Kemudian menjelang siang hingga sore hari, kami perkirakan akan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," ujar Siswanto, Kepala BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang pada hari Selasa, 9 April 2024.

BACA JUGA:Pasar Pangkalan Balai: Ayam Merah Banyak Diminati Pembeli untuk Hidangan Idulfitri Bersama Keluarga


Siswanto, Kepala BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Selasa (9/4/2024).-Ekky Saputra-PALTV

Secara lebih rinci menurut Siswanto, untuk wilayah Sumatera Selatan kondisi cuaca diprakirakan berpotensi hujan ringan hingga sedang terutama di wilayah bagian Tengah (Prabumulih dan Muara Enim), wilayah bagian Selatan (OKU dan OKU Selatan), serta wilayah bagian Barat (Lahat, Empat Lawang, Lubuklinggau, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara).

Potensi hujan diprakirakan terjadi pada siang hingga malam hari. Sedangkan pada saat pagi hari kondisi cuaca secara umum diprakirakan cerah berawan.

"Untuk di Sumsel sendiri perkiraan cuaca di beberapa Kabupaten/Kota kami perkirakan untuk pagi hari cuacanya lebih dominan masih cerah berawan. Namun di siang hingga sore akan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," terang Siswanto.

Siswanto mengimbau kepada seluruh masyarakat yang sedang melakukan perjalanan mudik atau aktivitas selama lebaran, untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak bencana hydrometeorologi seperti banjir, banjir genangan, dan longsor khususnya di daerah perbukitan (OKU Selatan, Lahat, Pagar Alam) yang ditopang oleh formasi batuan tidak kompak seperti material debris (lumpur dan air).

BACA JUGA:10 KK di Palembang Kehilangan Rumah Dampak Kebakaran di Puncak Sekuning

“Khusus di kawasan pesisir dan bantaran Sungai Musi agar diwaspadai adanya dampak banjir rob (kenaikan muka air sungai) pada tanggal 8 April sampai dengan 13 April 2024, yang terduplikasi oleh debit air sungai yang berasal dari hulu sungai," ujar Siswanto, Kepala BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang.

Selain itu, untuk selalu waspada terhadap perubahan cuaca dengan melakukan update informasi cuaca melalui kanal resmi yang dimiliki BMKG, (info BMKG), media sosial Info Cuaca Sumsel atau dapat berkontak langsung dengan kantor BMKG Terdekat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv